HUBUNGAN ANTARA KETERLAKSANAAN PRAKTIKUM FISIKA DASAR 1 MENGGUNAKAN VIDEO DENGAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) PADA PEMBELAJARAN DARING
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) untuk mengetahui keterlaksanaan praktikum menggunakan video pada masa pembelajaran daring pada mata kuliah eksperimen fisika dasar 1 angkatan 2020 pendidikan fisika UIN Alauddin Makassar, 2) untuk mengetahui keterampilan proses sains (KPS) mahasiswa pada mata kuliah eksperimen fisika dasar 1 angkatan 2020 pendidikan fisika UIN Alauddin Makassar, 3) untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara keterlaksanaan praktikum fisika menggunakan video dengan keterampilan proses sains (KPS) pada pembelajaran daring mata kuliah eksperimen fisika dasar 1 angkatan 2020 UIN Alauddin Makassar. Jenis penelitian yaitu penelitian Ex post Facto dengan desain Korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Gambaran keterlaksanaan praktikum fisika menggunakan video pada mahasiswa pendidikan fisika angkatan 2020 berada pada kategori sedang dengan hasil rata-rata 20,35 , 2) Gambaran keterampilan proses sains pada mahasiswa pendidikan fisika angkatan 2020 berada pada kategori rendah dengan hasil rata-rata 43,88 , 3) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara keterlaksanaan praktikum fisika menggunakan video dengan keterampilan proses sains. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis korelasi rank spearman yaitu data t hitung < t tabel.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika for publication, copyright publishing of the article shall be assigned/transferred to Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar as Publisher of the journal. Upon acceptance of an article, authors will be asked to complete a 'Copyright Transfer Agreement'. An e-mail will be sent to the corresponding author confirming receipt of the manuscript together with a 'Copyright Transfer Agreement' form by the online version of this agreement.
Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika and Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar, , and Physics Society of Indonesia as the Editors and the Advisory International Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The copyright form should be signed electronically and send to the Editorial Office in the form of the original e-mail: [email protected]