Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Biologi pada Siswa Kelas XI MA Madani Alauddin Pao-Pao Kabupaten Gowa

  • Syahriani Syahriani
    (ID)

Abstrak

Pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) adalah bentuk pembelajaran yang merupakan kombinasi antara belajar kooperatif dengan belajar individual. Siswa tetap dikelompokkan tetapi setiap siswa belajar sesuai dengan kecepatan dan kemampuan masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar biologi siswa kelas XI  Madrasah Aliyah Madani ALauddin Pao-Pao melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada kelas XI IPA MA Madani Alauddin Pao-Pao tahun pelajaran 2011/2012 dengan nilai rata-rata siklus I sebesar 88,75 dan pada siklus II meningkat menjadi 96, 45.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiography##

Syahriani Syahriani

Dosen Non PNS Jurusan Biologi

Fakultas Tarbiyah dan keguruan UIN Alauddin Makassar

Referensi

Abdurrahman, M. 1999. Pendidikan Bagi Anak berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Angriani, D. 2011. Keefektifan Model Kooperatif Tipe TAI dengan Pendekatan Realistik dalam Pembelajaran Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di Kelas VIII SMP Negeri 4 Sinjai Utara. Makassar: Tesis PPS UNM.

Dimyati. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fathurrohman, Pupuh dan Sutikno, Sobry. 2007. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islam. Bandung: Rafika Aditama.

Haling, A. 2006. Belajar dan pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Muslich, M. 2008. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.

Purwanto, M. 2002. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Roaijakkers, A.d. 2005. Mengajar dengan Sukses. Jakarta: Gramedia Widia Sarana Indonesia.

Sagala, S. 2010. Konsep dan makna pembelajaran (Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar). Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, W. 2005. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sardiman, A. M. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Suherman, E. 2008. Model Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Kompetensi Siswa. Bandung: FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.

Sugiyono. 2010. Metode penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Slavin, R. 2008. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusamedia

Diterbitkan
2013-12-01
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 352 times

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

> >>