Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Biologi pada Siswa Kelas XI MA Madani Alauddin Pao-Pao Kabupaten Gowa
Abstrak
Pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) adalah bentuk pembelajaran yang merupakan kombinasi antara belajar kooperatif dengan belajar individual. Siswa tetap dikelompokkan tetapi setiap siswa belajar sesuai dengan kecepatan dan kemampuan masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar biologi siswa kelas XI Madrasah Aliyah Madani ALauddin Pao-Pao melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada kelas XI IPA MA Madani Alauddin Pao-Pao tahun pelajaran 2011/2012 dengan nilai rata-rata siklus I sebesar 88,75 dan pada siklus II meningkat menjadi 96, 45.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Abdurrahman, M. 1999. Pendidikan Bagi Anak berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Angriani, D. 2011. Keefektifan Model Kooperatif Tipe TAI dengan Pendekatan Realistik dalam Pembelajaran Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di Kelas VIII SMP Negeri 4 Sinjai Utara. Makassar: Tesis PPS UNM.
Dimyati. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Fathurrohman, Pupuh dan Sutikno, Sobry. 2007. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islam. Bandung: Rafika Aditama.
Haling, A. 2006. Belajar dan pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Muslich, M. 2008. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.
Purwanto, M. 2002. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Roaijakkers, A.d. 2005. Mengajar dengan Sukses. Jakarta: Gramedia Widia Sarana Indonesia.
Sagala, S. 2010. Konsep dan makna pembelajaran (Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar). Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, W. 2005. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sardiman, A. M. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Suherman, E. 2008. Model Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Kompetensi Siswa. Bandung: FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.
Sugiyono. 2010. Metode penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Slavin, R. 2008. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusamedia
Authors who publish with Jurnal Biotek agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.