PENGEMBANGAN PERANGKAT ASESMEN PRAKTIKUM ANATOMI FISIOLOGI MANUSIA BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI UIN ALAUDDIN MAKASSAR
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah (i) untuk mengembangkan perangkat asesmen berbasis keterampilan proses sains pada praktikum anatomi fisiologi manusia dan (ii) untuk mengetahui kualitas perangkat asesmen berbasis keterampilan proses sains pada praktikum anatomi fisiologi manusia yang memiliki kriteria valid, reliabel, obyektif, dan praktis.
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan metode riset pengembangan formatif research. Penelitian ini terdiri atas tiga tahap yaitu (i) self evaluation yang terdiri atas analisis dan pendesainan, (ii) Prototyping yang terdiri atas expert review dan small group, (iii) field test. Perangkat asemen yang dikembangkan meliputi penuntun praktikum, perangkat asesmen pra praktikum, asesemen proses praktikum, asesmen pasca praktikum, dan penilaian aspek afektif. Uji coba dilakukan pada mahasiswa semester enam jurusan Pendidikan Biologi UIN Alauddin Makassar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat asesmen yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dengan rata-rata validitas isi 0,973, dan rata-rata validitas empiris 0,829, rata-rata nilai reliabilitas sebesar 0,805, obyektif dimana tidak ada perbedaan mean skor antara dua penilai, dan praktis dengan keterlaksanaan perangkat sebesar 3,6 yang berada pada kategori seluruhnya terlaksana.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. (Edisi Kedua). Jakarta: Bumi Aksara.
Asdar, Ahsanul Khair. 2013. Pengembangan Asesmen Alaternatif pada Pembelajaran Dimensi Tiga Setting Kooperatif pada Siswa kelas XI SMK. Tesis. Tidak Diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.
Azwar, Saifuddin. 2012. Reliabilitas dan Validitas. (Edisi Keempat). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan nasional.
Mujiati. 2013. Pengembangan Instrumen Penilaian Kegiatan Praktikum Fisika SMP KelasVIII.(online),(http://http://fkipunja.ok.com/versi_2a/extensi/artikel_ilmiah/artikel/A1C308058_417.pdf.html, Diakses 27 November 2013).
Nur, S. M. 2013. Pengembangan Perangkat Penilaian Kinerja Peserta Dididk pada Materi Pokok Sistem Ekskresi. Tesis. Tidak Diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.
Rahayu, Purwoko & Zulkardi. 2008. Pengembangan Instrumen Penilaian dalam Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) di SMPN 17 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (2), 22.
Ruslan. 2009. Validitas Isi. Buletin Pa’biritta No. 10. Tahun VI, 18-19.
Rustaman. 2002. Perencanaan dan Penilaian Praktikum di Perguruan Tinggi. Makalah disajikan dalam program Aplied Aproach, Universitas Pendiwddikan Indonesia, 2002.
Authors who publish with Jurnal Biotek agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.