PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN METODE RESITASI DAN BRAINSTORMING
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar peserta didik melalui pembelajaran metode resitasi dan brainstorming pada mata pelajaran biologi materi sistem peredaran darah di kelas XI MAN Manggarai Timur (NTT). Jenis penelitian dilakukan menggunakan quasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest group design. Sampel penelitian terpilih menggunakan simple random sampling dengan mempertimbangkan homogenitas kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa angket motivasi belajar dan lembar observasi pemberian metode resitasi dan brainstorming. Setelah dianalisis menggunakan analisis statistik inferensial menggunakan uji-t terhadap data motivasi sebelum dan sesudah diberikan perlakuan, didapatkan hasil nilai p sebesar 0,000 (p < 0,05), yang membuktikan terdapat perbedaan motivasi belajar peserta didik sebelum dengan setelah diajarkan menggunakan metode resitasi dan brainstorming. Sejalan dengan hasil analisis menggunakan statistik deskriptif yang menunjukkan adanya perbedaan rata-rata motivasi belajar peserta didik. Rata-rata motivasi belajar dengan menggunakan metode resitasi dan brainstorming sebesar 79,08 lebih tinggi dibanding rata-rata motivasi belajar tanpa menggunakan metode resitasi dan brainstorming sebesar 62.60. Maka dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar peserta didik dapat ditingkatkan menggunakan metode resitasi dan brainstorming.##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Al-Khatib, B. (2012). The Effect of Using Brainstorming Strategy Developing Creative Problem Solving Skills among Female Students in Princes Alia University College. American International Journal of Contemporary Research, 2(10), 119–124. http://www.aijcrnet.com/journal/index/334
Aldeirre, D., Komala, R., & Heryanti, E. (2018). Pengaruh Metode Brainstorming Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Materi Vertebrata Pada Siswa SMA. Florea Jurnal Biologi, 5(2), 1–13. https://doi.org/10.25273/florea.v5i2.345.
Amin, D. N. F. (2016). Penerapan Metode Curah Gagasan (Brainstorming) Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa. Jurnal Pendidikan Sejarah, 5(2), 1–15. https://doi.org/10.21009/JPS.052.01.
Anggriani, A. (2017). Pengaruh Pemberian Resitasi Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Fisika Berorientasi pada Modifikasi Jigsaw. Journal UIN Alauddin Makassar, 5(2), 76–81. https://doi.org/10.24252/jpf.v5i2.3123.
Aqib, Z. (2013). Model-Model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Assadianie, A. S. (2019). Penerapan Metode Curah Pendapat (Brainstorming) dalam pembelajaran Ppkn Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir kritis Peserta didik. Skripsi. Pendidikan Kewarganegaraan Universitas Pendidikan Indonesia.
Benanza, R. M., Pitoewas, B., & Yanzi, H. (2014). Hubungan Penerapan Metode Pembelajaran Brainstorming Terhadap kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Kultur Demokrasi, 2(2), 1–17. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JKD/article/view/4286/2682
Djaali. (2015). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Hairunnisa. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Brainstorming Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SLTP PGRI 1 Tamalate Makassar. Skripsi. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Hamalik, O. (2014). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Ibrahim, & Syaodih, N. (2010). Perencanaan Pengajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Juliantine, T. (2009). Pengembangan Kreativitas Siswa Melalui Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri dalam Pendidikan Jasmani. Jakarta: FPOK-UPI.
Karim, A. (2017). Penerapan Metode Brainstorming Pada Mata Pelajaran IPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas VIII di SMPN 4 Rumbio Jaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntasi FKIP UIR, 5(1), 1–12. https://journal.uir.ac.id/index.php/Peka/article/view/1180.
Kusyairy, U. (2014). Psikologi Belajar: Panduan Praktis untuk Memahami Psikologi dalam Pembelajaran. Gowa: Alauddin University Press.
Marjuni, A. (2014). Buku Daras Filsafat Pendidikan Islam. Makassar: Alauddin University Press.
Mayendra, A. (2017). Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri dan Konsentrasi pada Pembelajaran Penjas melalui Metode Brainstorming (Studi PTK pada siswa kelas XI SMAN 1 Lingga). Skripsi. Pendidikan Olahraga Universitas Pendidikan Indonesia.
Noordyana. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa melalui Pendekatan Metakognitif Instruction. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 1–17. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.267.
Nurhayati. (2015). Penerapan Metode Resitasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN 2 PanauPada Mata Pelajaran PKn. Jurnal Kreatif Tadulako Online,4(11), 249–256. http://www.aijcrnet.com/journals/Vol_2_No_10_October_2012/4.pdf
Nurma, Y. N., Wahyuni, S., & Suharso, P. (2016). Penerapan Metode Resitasi Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Pendapatan nasional (Studi kasus pada Mata Pelajaran Ekonomi Kompetenesi Dasar Pendapatan nasional Kelas XI IPS 2 di MAN 2 Jember). Jurnal Edukasi, 3(3), 47–51. https://doi.org/10.19184/jukasi.v3i3.4310.
Ramdani, A. (2018). Pengaruh Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar matematika Di Tinjau dari Motivasi Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri Gowa Kabupaten Gowa. Skripsi. Pendidikan Matematika Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Ratu, A. A. (2013). Proses Penumbuhan Kreativitas Pembuatan Program CNC Dengan Metode Brainstorming. Jurnal Kejuruan Tekhnik Mesin, 1, 1–45.
Roestiyah, N. K. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Susrama, I. B. K., Marhaeni, A. A. I. N., & Koyan, W. (2013). Pengaruh Penggunaan Metode Resitasi dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kemampuan Menulis Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Mendoyo. Jurnal Pendidikan Dasar
Uno, H. (2014). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Utami, D. (2015). Pengaruh Metode Brainstorming Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 232–241.
Wibowo, A. D. (2014). Penerapan Metode Resitasi dan Diskusi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa Program studi Ilmu Keperawatan Universitas Galuh. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(3), 328–339. https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i3.147.
Yusuf, A. D. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi Tergadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal SAP, 1(2), 165–174. http://dx.doi.org/10.30998/sap.v1i2.1023.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Authors who publish with Jurnal Biotek agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.