PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUICK ON THE DRAW TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PALLANGGA
Abstrak
Tujuan penelitian adalah untuk: 1) Mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pallangga setelah penerapan strategi pembelajaran Quick on The Draw; 2) Mengetahui bagaimana hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Palllangga pada materi sistem gerak pada manusia setelah penerapan strategi pembelajaran Quick on The Draw; 3) Mengetahui adanya pegaruh strategi pembelajaran Quick on The Draw terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pallangga pada materi sistem gerak pada manusia; 4) Mengetahui adanya pengaruh strategi pembelajaran Quick on The Draw terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pallangga pada materi sistem gerak pada manusia.
Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII4 dan kelas VIII5 yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik pengambialan sampel tidak secara acak (Purposive sampling). Instrumen yang digunakan untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik berupa skala, dan intrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik berupa tes pilihan ganda sebanyak 30 nomor. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan uji-t.
Analisis data menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas kontrolyang diajar tanpa menggunakan strategi pemebelajaran Quick on The Draw diperoleh nilai rata-rata sebesar 104,12 dan 57,07. Motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas eksperimenyang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Quick on The Draw diperoleh nilai rata-rata sebesar 109 dan 73,18. Sedangkan berdasarkan hasil analisis inferensial menggunakan uji-t yaitu untuk motivasi belajar yang di uji dengan menggunakan SPSS 16,0 (Independent Sample T-Test) dengan taraf signifikan(0,000 < 0,05). Dan untuk hasil belajar yang di uji dengan menggunakan SPSS 16,0 (Pired T-test) dengan taraf signifikan(0,000 < 0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dikelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Jadi terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran Quick on The Draw terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi sistem gerak pada manusia kelas VIII SMP Negeri 3 Pallangga.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Ali, Ahmad, Pengaruh Strategi Quick on The Draw Terhadap Penguasaan Siswa Pada Konsep Sel di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tellulimpoe Kab. Sinjai, Skripsi Makassar: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin, 2010.
A.M Sadirman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada. 2004.
Ariawan, Rezi Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Visual Thinking Disertai Aktivitas Quick On The Draw Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Vol.2, No. 1, 2016, Hal. 20 – 30.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Arifin, Zainal. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya,2009.
Budi Tri Siswanto, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif Smk Di Kota Yogyakarta, vol.6, no.1, h.114.
Bahri, Syaiful Djamarah dan Azwan Zain. Strategi Belajar Mengajar. Cet. IV ; Jakarta : Rineka Cipta 2010.h.5.
Hamid Darmadi, Metode Penelitian Pendidikan (Bandung: AlfaBeta, 2011.
Depertemen Agama RI, Al-Hikmah, Al-Qu’an dan Terjemahnya Bandung: CV. Diponegoro, 2005.
Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran. Cet. II; Jakarta : Rineka Cipta. 2002.
Echols, Jhon.M dan Hassan Shadily. Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2003.
Fathurrohman Pupuh dan M. Satikno Sobry. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Refika Aditama, 2007.
Ginnis, Paul. Trik dan Taktik Mengajar. Akarta: PT. Indeks, 2009.
Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Cet.Pertama; Jakarta : PT Bumi Aksara. 2010.
Hasan M. Iqbal, Pokok-Pokok Materi Statistik I (Cet. V; Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Hidayah, Aimmatul dkk, Efektivitas Model Pembelajaran kooperatif Tipe Quick On The Draw Dengan Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Pada Materi Bangun Ruang Kelas VIII. Vol.3, No.1, April. 2016.
Jihad, Asep dan haris Abdul , Evaluasi Pembelajaran. Cet I Yogyakarta : Multi Pressindo, 2012
Kasmadi dan Sunariah. Panduan Modern Penelitian KuantitatifCet II.Bandung: Alfabeta, 2014.
Lestiyahningsi Herdika dkk, Penerapan Pembelajaran Quick on The Draw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Sub Pokok Bahasan Aritemetika Sosial, Vol. 4, No.2, Agustus 2013.
Muclich, Masnur. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Cet. I; Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2011.
Mustami, Muh. Khalifah. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aynat Publishing, 2015.
Nashar , Peranan Kemampuan Awal Motivasi dan Dalam Kegiatan Pembelajaran. Delia Press, Jakarta, 2004.
Nurbadiyani Iin, Pelaksanaan Pengukuran Rana Kognitif, Afektif, dan Psikomotor pada Pembelajaran IPS Kelas III SD Muhammadiyah Palangkaraya, Vol. 8, No. 2, Oktober 2013.
Priyatno, Duwi, Teknik Muda Dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian Dengan SPSS ( Yogyakarta: Mediakom , 2010.
Riduwan, Belajar Mudah Penelitian, (Bandung: Alfabeta, 2006),
Rosyana Tina dan Indah Puspita Sari, Penerapan Aktivitas Quick on The Draw Melalui Pendekatan Thinking Aloud Pair Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Penalaran Mathematis Siswa MA, Vol.2, No.2, hal. 195. thn 2015.
Rohani, Ahmad. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT Asdi Mahasatya, 2004.
Rosmaini S, dkk, “Penerapan Model Pembelajara Kooperatif Dengan Strategi Quick on The Draw Untuk Meningkatkan Sikap ilmiah dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas IX SMA Negeri 2 Kuantan Hili”, Vol. 9 No. 1 Juli 2011.
Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rieneka Cipta, 2010.
Sardiman A.M. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raya Grafindo Persada. 2001.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D.Cet. 23; Bandung: Alfabeta.2016.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Cet. XVI; Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Bandung: Alfabeta,2015.
Supranto, Statistik Teori dan Aplikasi (Cet. VII); Jakarta: Erlangga, 2008.
Tiro, Mohammad Arif. Dasar-Dasar Statistik. Cet III; Makassar: State University Of Makassar.1999.
Upoyo Setyo Arif dan Made Sumarwati, Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi Mahasiswa Profesi Ners Jurusan Keperawatan Unsoed Purwokerto, Vol.6 No.2, juli 2011.
Windiyani, Tustiyana, “Instrumen Untuk Menjaring Data Interval, Nominal Ordinal dan Data Tentang Kondisi, Keadaan, Hal Tertentu dan Data Untuk Menjaring Variabel Kepribadian”, Vol. 3, No.5 Desember 2012.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Authors who publish with Jurnal Biotek agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.