BENTUK DAKWAH DI FACEBOOK MENJELANG PILKADA DKI JAKARTA TAHUN 2017
Abstract
Tulisan ini mengelaborasi mencoba melakukan studi kasus terhadap perang dakwah yang terjadi di media sosial, dalam hal ini yang terdapat di Facebook berdasarkan atas wacana, opini, berita-berita di situs online, video dan komentar dari beberapa akun yang terlibat dari perang dakwah ini yang terjadi sebelum pemilihan gubernur di Pilkada DKI Jakarta tahun 2017. Meskipun pada akhirnya pada penelitian ini akan memunculkan sebuah fakta yang tidak hanya akan berdampak positif, tetapi juga akan memunculkan fakta negatif tentang proses dakwah hari ini yang terjadi di media sosial. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif atau naturalistik. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan sosioligi komunikasi dalam bentuk studi kasus (case study) terhadap arena produksi kultural merujuk pada konsep, pendapat, pemikiran, dan komentar para da`i maupun masyarakat dalam bentuk tulisan, berita/ wacana, pesan gambar, status personal, komentar terhadap status seseorang dan video ceramah dan debat dakwah yang diunggah ke media sosial yang nantinya akan menggiring opini publik ke dalam ranah pembentukan mindset kecenderungan (disposisi) terhadap suatu otoritas (authority) yang sedang terjadi. Lokasi penelitian ini adalah media sosial terkhusus pada media sosial yang sering digunakan yaitu Facebook. Sumber data pada penelitian dari informan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu para pengguna media sosial Facebook. Teknik pengumpulan data adalah observari, dokumentasi. Instrumen penelitian adalah pedoman observasi dan alat dokumentasi. Proses pengujian keabsahan data terdiri kredibilitas, transferbilatas, depenbilitas dan konfimabilitas. Teknik pengolahan dan analisis data terdiri dari reduksi data, display data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk dakwah di media sosial pada masa Pilkada DKI Jakarta tahun 2017 tidak terlepas dari bentuk dakwah secara umum yaitu da‘wah bil lisan, da‘wah bil qalam, dan da‘wah bil hal, yang teritegrasikan dengan bentuk dakwah siyasah yang terdiri dari siyasah khajiriyah, siyasah dakhiliyah dan siyasah tarbawiyah. Berdasarkan pada data penelitian, terdapat beberapa status dari para dai atau pun public figure yang dijadikan sebagai objek penelitian. Jumlah status dakwah di media sosial yang dijadikan sebagai data penelitian yaitu data yang bersumber dari Facebook sebanyak 59 data.
References
Schramm, Wilbur, The Process and Effects of Mass Communication dalam Hafied Cangara, Pengantar Ilmu Komunikasi Cet.15; Jakarta: Rajawali Pers, 2015.
Said, Nurhidayat Muh., Dakwah dan Berbagai Aspeknya Cet.1; Makassar: Alauddin Press. 2014.
Abidin, Djamalul, Komunukasi dan Bahasa Dakwah Jakarta: Gema Insani Pres, 1996.
Ahmad, Amar, Dinamika Media Islami di Media Online, Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 11 No. 1; UIN Alauddin Makassar, 2013.
Stout, Daniel A., Encyclopedia of Religion, Communication and Media. New York: Routledge, 2006.
Said, Nurhidayat Muh., Dakwah dan Berbagai Aspeknya Cet.1; Makassar: Alauddin Press.
Martin, Richard C., Encyclopedia of Islam and the Muslim World Vol. 1; New York: Macmillan Reference, 2004.
Ibnu Mansur, Lisan al-Arab dalam Faizah dan Lalu Muchsin Effendi, Psikologi Dakwah Ed. I, Jakarta:Pranada Media. 2006.
Ghazali, Muhammad al-, Ma‘a Allah dalam M. Tata Taufik, Dakwah Era Digital, (e-book edition; Ciawi: Pustaka Al Ikhlas, 2013.
Kementrian Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta; PT.Panca Cemerlang, 2010.
Ahmad, Amrullah, Materi dan Metode Penyiapan Disiplin Dakwah Islam dalam Kurikulum IAIN 1995 dalam M. Tata Taufik, Dakwah Era Digital, (e-book edition; Ciawi: Pustaka Al Ikhlas, 2013.
Lister, Martin, et.all, New Media: A Critical Introduction (2nd Edition; Oxon: Routledge. 2009.
Watson, James and Anne Hill, Dictionary of Media and Communication Studies 8th Edition; New York: Bloomsbury. 2012.
Gifford, Clive, Eyewitness: Media and Communication, New York: Dorling Kindersley Publishing. 1999.
Kaplan, Andreas and Michael Haenlein.Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media dalam Caroline S. Sheedy, SocialMediaforSocialChange:A Case Study of Social Media Use in the 2011 Egyptian Revolution (Journal for the Capstone Project: The Master of Degree of Arts in the Faculty of the School Communication, American University, 2011.
Lincoln, Susa
n Rice.Mastering Web 2.0: Transform Your Business Using Key Website and Social Media Tools (London: British Library Cataloguing. 2009.
Milner, Michael, Facebook for Grown Ups (2nd Edition: USA: Pearson Education,Inc. 2012.
Shih, Clara, The Facebook Era: Tapping Online Social Networks to Build Better Products, Reach New Audiences, and Sell More Stuff (2nd Edition: USA: Pearson Education,Inc. 2009.
Sumber Internet
https://id-id.facebook.com/. Diakses pada tanggal 7 Agustus 2017 pukul 11.53
https://id-id.facebook.com/login/. Diakses pada tanggal 7 Agustus 2017 pukul 14.05
https://www.facebook.com/makmur.subuh. Diakses pada tanggal 7 Agustus 2017 pukul 14.35
https://www.facebook.com/search/top/?/q. Diakses pada tanggal 7 Agustus 2017 pukul 14.35
https://www.facebook.com/makmur.subuh. Diakses pada tanggal 7 Agustus 2017 pukul 14.41
https://www.facebook.com. Diakses pada tanggal 7 Agustus 2017 pukul 14.45
Facebook: https://www.facebook.com/. Diakses sejak Agustus 2017.
https://www.facebook.com/simbah.kakung. Diakses 18 Januari 2018 Pukul 11.23.
https://www.facebook.com/ulil67. Diakses 18 Januari 2018 Pukul 11.30
https://www.facebook.com/pg/UstadzFelixSiauw/about/?ref=page_internal.
Diakses 18 Januari 2018 Pukul 11.23.
https://www.facebook.com/pg/bachtiarnasir/about/?ref=page_internal. Diakses 18 Januari 2018 Pukul 11.32.
https://www.facebook.com/simbah.kakung/friends_all?lst. Diakses 18 Januari 2018 pukul 12.41.
https://www.facebook.com/pg/UstadzFelixSiauw/community/?ref.Diakses 18 Januari 2018 pukul 13.15.
https://www.facebook.com/. Diakses 18 Januari 2018 pukul 20.22.
https://www.facebook.com/UstadzFelixSiauw/photos/?type=3&theater. Diakses tanggal 17 Januari pukul 12.06.
https://www.facebook.com/simbah.kakung/photos/?type=3&theater. Diakses tanggal 20 Januari pukul 13.36.
https://www.facebook.com/jonru.page/photos/?type=3&theater. Diakses tanggal 18 Januari pukul 13.06.
https://www.facebook.com/ade.armando.372?ref=br_rs&lst. Diakses tanggal 31 Januari pukul 17.01.
https://www.facebook.com/jonru.page/photos/?type=3&theater. Diakses tanggal 18 Januari pukul 15.24.
https://www.facebook.com/UstadzFelixSiauw/photos/?type=3&theater. Diakses tanggal 11 Januari 2018 pukul 20.19.
https://www.facebook.com/kh.muhammad.arifin.ilham/photos/?type=3&theater. Diakses tanggal 17 Januari 2018 pukul 14.54.
https://www.facebook.com/bachtiarnasir/photos/?type=3&theater. Diakses tanggal 17 Januari 2018 pukul 14.54.
https://web.facebook.com/UstadzFelixSiauw/videos/10154427607621351/. Diakses tanggal 17 Januari 2018 pukul 11.00.
https://web.facebook.com/UstadzFelixSiauw/videos/10154427607621351/. Diakses tanggal 17 Januari 2018 pukul 11.10.
.
https://web.facebook.com/pg/GusMusChannel/posts/. Diakses tanggal 20 Januari 2018 pukul 13.01.
https://web.facebook.com/pg/GusMusChannel/posts/. Diakses tanggal 20 Januari 2018 pukul 13.06.
https://web.facebook.com/UstadzFelixSiauw/photos/?type=3&theater. Diakses tanggal 11 Januari 2018 pukul 20.58.
https://web.facebook.com/UstadzFelixSiauw/photos/?type=3&theater. Diakses tanggal 11 Januari 2018 pukul 21.14.
https://www.facebook.com/kh.muhammad.arifin.ilham/photos/?type=3&theater. Diakses tanggal 17 Januari 2018 pukul 14.46.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).