BENTUK DAKWAH DI TWITTER MENJELANG PILKADA DKI JAKARTA TAHUN 2017

  • Taufiq Syam Institut Agama Islam Negeri Parepare
    (ID)
  • Kamaluddin Tajibu
    (ID)
  • Usman Jasad
    (ID)
  • Nurhidayat M Said
    (ID)

Abstract

Mencoba melakukan studi kasus terhadap perang dakwah yang terjadi di media sosial, dalam hal ini yang terdapat di Twitter berdasarkan atas wacana, opini, berita-berita di situs online, video dan komentar dari beberapa akun yang terlibat dari perang dakwah ini yang terjadi sebelum pemilihan gubernur di Pilkada DKI Jakarta tahun 2017.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif atau naturalistik. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan sosioligi komunikasi dalam bentuk studi kasus (case study) terhadap arena produksi kultural merujuk pada konsep, pendapat, pemikiran, dan komentar para da`i maupun masyarakat dalam bentuk tulisan, berita/ wacana, pesan gambar, status personal, komentar terhadap status seseorang dan video ceramah dan debat dakwah yang diunggah ke media sosial yang nantinya akan menggiring opini publik ke dalam ranah pembentukan mindset kecenderungan (disposisi) terhadap suatu otoritas (authority) yang sedang terjadi. Lokasi penelitian ini adalah media sosial terkhusus pada media sosial yang sering digunakan yaitu Tweeter. Sumber data pada penelitian dari informan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu para pengguna media sosial Facebook. Teknik pengumpulan data adalah observari, dokumentasi. Instrumen penelitian adalah pedoman observasi dan alat dokumentasi. Proses pengujian keabsahan data terdiri kredibilitas, transferbilatas, depenbilitas dan konfimabilitas. Teknik pengolahan dan analisis data terdiri dari reduksi data, display data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan.

Berdasarkan pada data penelitian, terdapat beberapa status dari para dai atau pun public figure yang dijadikan sebagai objek penelitian. Jumlah status dakwah di media sosial yang dijadikan sebagai data penelitian yaitu data yang bersumber dari Twitter sebanyak 54. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk dakwah di media sosial pada masa Pilkada DKI Jakarta tahun 2017 tidak terlepas dari bentuk dakwah secara umum yaitu da‘wah bi al-lisan, da‘wah bi al-qalam, dan da‘wah bi al-hal, yang teritegrasikan dengan bentuk dakwah siyasah yang terdiri dari siyasah khajiriyah, siyasah dakhiliyah dan siyasah tarbawiyah.

Author Biography

Taufiq Syam, Institut Agama Islam Negeri Parepare
Dosen Jurusan Dakwah dan Komunikasi Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah di Institut Agama Islam Negeri Parepare

References

Amrullah Ahmad, Materi dan Metode Penyiapan Disiplin Dakwah Islam dalam Kurikulum IAIN 1995 dalam M. Tata Taufik, Dakwah Era Digital, (e-book edition; Ciawi: Pustaka Al Ikhlas, 2013)

Arnold Pacey, The Culture of Technology, Ninth Printing dalam Amar Ahmad, Dinamika Media Islami di Media Online (Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 11 No. 1; UIN Alauddin Makassar, 2013)

Herbert Mercuse, One Dimensional Man, terj. Silvester G. Sukur dan Yusup Priyasudiarja Manusia Satu Dimensi (Yogyakarta. Cempaka Putih. 2016) h. 13

Japaruddin, Media Massa dan Dakwah (Jurnal Dakwah Vol. XIII, No. 1; STAIN Bengkulu. 2012)

Novia Ika Setiyani, Penggunaan Media Sosial sebagai Sarana Komunikasi Komunitas (Jurnal Ilmu Komunikasi: Universitas Sebelas Maret, Surakarta. 2013)

Oliver Abou, Twitter (Paris: Micro Application. 2009)

Rogers Everette, A History of Communication Study, dalam Rulli Nasrullah, Komunikasi AntarBudaya: Di Era Budaya Siber (Cet.2; Jakarta: Pranemdia Group. 2014)

Tee Morris, All a Twitter: A Personal and Professional Guide to Social Networking with Twitter (Indiana: Pearson Education, Inc. 2010)

Tee Morris, All a Twitter: A Personal and Professional Guide to Social Networking with Twitter (Indiana: Pearson Education, Inc. 2010)

Tim O’Reilly and Sarah Milstein. The Twitter Book (California: O’Reilly Media, Inc. 2009)

Tim O’Reilly and Sarah Milstein.The Twitter Book (California: O’Reilly Media, Inc. 2009)

Internet

https://twitter.com. Diakses pada tanggal 18 Agustus 2017 pukul 20.13

https://twitter.com/aagym. Diakses pada tanggal 17 Agustus 2017 pukul 24.32

https://twitter.com/aagym/status/892530618654801920. Diakses pada tanggal 18 Agustus 2017 pukul 19.02

https://twitter.com/aagym/status/892530618654801920. Diakses pada tanggal 18 Agustus 2017 pukul 19.51

https://twitter.com/login?lang=id. Diakses pada tanggal 17 Agustus 2017 pukul 24.08

https://twitter.com/marifinilham. Diakses 07 Maret 2018 Pukul 10.11

https://twitter.com/marifinilham/followers. Diakses 07 Maret 2018 Pukul 09.09

https://twitter.com/saiqaqil. Diakses 07 Maret 2018 Pukul 11.09

https://twitter.com/saiqaqil/followers. Diakses 07 Maret 2018 Pukul 09.15

https://twitter.com/signup?lang=id. Diakses pada tanggal 17 Agustus 2017 pukul 23.50

https://twitter.com/Tajibarani21. Diakses pada tanggal 17 Agustus 2017 pukul 24.52

https://www.twitter.com/. Diakses 21 Januari 2018 pukul 12.53

https://www.twitter.com/aagym/status/. Diakses 31 Januari 2018 pukul 20.56

https://www.twitter.com/BuyaSyaffi/status/. Diakses 05 April 2017 pukul 15.17

https://www.twitter.com/BuyaSyaffi/status/. Diakses 05 April 2017 pukul 15.17

https://www.twitter.com/gusmusgusmu/status/. Diakses 31 Januari 2018 pukul 20.56

https://www.twitter.com/NusronWahid1/status/. Diakses 01 Februari 2018 pukul 15.22

https://www.twitter.com/NusronWahid1/status/. Diakses 1 Februari 2018 pukul 16.47

https://www.twitter.com/NusronWahid1/status/. Diakses 1 Februari 2018 pukul 16.47

https://www.twitter.com/NusronWahid1/status/. Diakses 1 Februari 2018 pukul 17.12

https://www.twitter.com/Prof_Azyumardi/status/. Diakses 5 April 2017 pukul 12.57

https://www.twitter.com/Prof_Azyumardi/status/. Diakses 5 April 2017 pukul 13.05

https://www.twitter.com/RizieqSyihabFPI/status/. Diakses 1 Februari 2018 pukul 16.47

https://www.twitter.com/RizieqSyihabFPI/status/. Diakses 1 Februari 2018 pukul 17.01

https://www.twitter.com/RizieqSyihabFPI/status/. Diakses 1 Februari 2018 pukul 17.01

https://www.twitter.com/RizieqSyihabFPI/status/. Diakses 7 Februari 2018 pukul 17.21

https://www.twitter.com/RizieqSyihabFPI/status/. Diakses 7 Februari 2018 pukul 17.21

https://www.twitter.com/sahal_AS/status/. Diakses 17 Februari 2017 pukul 13.48

https://www.twitter.com/sahal_AS/status/. Diakses 17 Februari 2017 pukul 13.51

https://www.twitter.com/saidaqil/status/. Diakses 1 Februari 2018 pukul 14.47

https://www.twitter.com/saidaqil/status/. Diakses 1 Februari 2018 pukul 14.51

https://www.twitter.com/ulil/status/. Diakses 5 April 2017 pukul 13.49

https://www.twitter.com/ulil/status/. Diakses 5 April 2017 pukul 13.55

Published
2019-04-02
How to Cite
Syam, T., Tajibu, K., Jasad, U., & Said, N. M. (2019). BENTUK DAKWAH DI TWITTER MENJELANG PILKADA DKI JAKARTA TAHUN 2017. Jurnal Diskursus Islam, 7(1), 149-186. https://doi.org/10.24252/jdi.v7i1.10097
Section
Artikel
Abstract viewed = 851 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>