PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MENGHITUNG DENGAN STIK ICE CREAM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS II

Main Article Content

Nurfajriah Nurfajriah
Rosdiana Rosdiana
Fajri Basam

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan hasil belajar Matematika sebelum menggunakan media stik ice cream terhadap peserta didik kelas II MI Ulil Albab
Simpasai. 2) Mendeskripsikan hasil belajar Matematika sesudah menggunakan media stik ice cream terhadap peserta didik kelas II MI Ulil Albab Simpasai. 3) Menganalisis
pengaruh hasil belajar matematika menggunakan media stik ice cream terhadap peserta didik kelas II MI Ulil Albab Simpasai. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian
ini adalah penelitian preeksperimen design dengan jenis design one group pretestposttets. Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh kelas II MI Ulil Albab Simpasai sebanyak 14
peserta didik dengan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 14 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan soal essay. Berdasarkan hasil analisis deskriptif
hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan menggunakan media stik ice cream pada kelas II MI Ulil Albab memperoleh nilai maksimum 60 dan minimum 40 dengan
rata-rata 49,64 dan hasil analisis deskriptif hasil belajar peserta didik sesudah menggunakan media stik ice cream memperoleh nilai maksimum 95 dan minimum 50
dengan rata-rata 79,64. Berdasarkan hasil analisis deskriptif dan uji normalitzed gain diperoleh hasil bahwa penggunaan media stik ice cream berpengaruh signifikan terhadap
hasil belajar peserta didik dengan rata-rata nilai sebesar 0,59 atau ngain >0,3 berada pada kategori sedang.

Article Details

How to Cite
Nurfajriah, N., Rosdiana, R., & Basam, F. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MENGHITUNG DENGAN STIK ICE CREAM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS II. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah , 6(2), 116-126. https://doi.org/10.24252/jipmi.v6i2.50141
Section
Artikel