EFEKTIVITAS TUGAS DAN WEWENANG INSPEKTORAT DAERAH KOTA PALOPO PERSPEKTIF SIYASAH DUSTURIYAH

  • Albab Hoalidi'n Yusuf Fakultas Syariah dan Hukum, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • M. Thahir Maloko Fakultas Syariah dan Hukum, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • St Halimang Fakultas Syariah dan Hukum, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
Kata Kunci: Eefektivitas, Inspektorat, Siyasah Dusturiyah, Tugas, Wewenang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana efektivitas fungsi pengawasan inspektorat daerah Kota Palopo?, Bagaimana hambatan efektivitas tugas dan wewenangan inspektorat daerah Kota Palopo?, serta Bagaimana perspektif siyasah dusturiyah terhadap tugas dan wewenang inspektorat daerah Kota Palopo?. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan Normatif Yuridis dan pendekatan syar’i. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi tugas dan wewenang Inspektorat Daerah Kota Palopo dalam bentuknya ada audit ada review ada evaluasi ada monitoring dan ada pendampingan. Review disini untuk memastikan apa yang akan kita lakukan itu sudah sesuai dengan peraturan-peraturan perundang-undangan. Hambatan yang dialami oleh Inspektorat Daerah Kota Palopo, yakni. Pertama, Keterbatasan Jumlah Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP). Kedua, Keterbatasan Anggaran. Prespekif Siyasah Dusturiyah dalam Pelaksanaan tugas dan wewenang Inspektorat Daerah Kota Palopo dalam melakukan fungsi pengawasan belum menggunakan konsep keislaman atau Konsep siyasah dustruiyah, karena pelaksanaan tugas dan wewenang Inspektorat Daerah Kota Palopo berpedoman pada ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Sedangkan, dalam syariat Islam pelaksanaan fungsi pengawasan dilakukan dengan konsep hisbah dan muraqabah.

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

Hukum Tata Negara angkatan 2017

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Buku

Furqon, Hafas. Hisbah Intuisi Pengawas Pasar dalam Sistem Ekonomi Islam. Malang: PT Ikhtiar Baru Van Houve, 2004

Kementerian Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahannya Edisi Penyempurnaan. Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an ,2019

Victor, M. Situmorang, Juhir, Jusuf.Aspek Hukum Pengawasan Melekat Dalam Lingkungan Aparatur Pemerintah. Jakarta: Rineka Chipta, 1994

Victor, M. Situmorang, Yusuf. Aspek Hukum Pengawasan Melekat. Yogyakarta: Rineka Cipta, 2005

Jurnal

Abdullah, Dudung, Permusyawaratan dalam Perspektif Al-Qur’an (Kajian Tafsir Tematik), al-daulah, Volume 5, Nomor 2

Amir, Herlina, Sastrawati, Nila. Partisipasi Partai Politik dalam Pemilihan Kepala Daerah di Kota Makassar, Siyasatuna, Volume 1, Nomor 1 (November 2019)

Iqbal, Andi Muhammad, Sastrawati, Nila. Tinjauan Hukum Tatanegara Islam terhadap Transparansi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah, Siyasatuna, Volume 2, Nomor 4, (Januari 2020)

Khalik, Subehan. Menguak Eksistensi Akal dan Wahyu dalam Hukum Islam, al-daulah, Volume, 6, Nomor, 2 (Desember 2017)

Kurniati, Perkembangan Sosial Politik dalam Tatanan Pembentukan Hukum Islam, Al-Fikr, Volume 17, Nomor 1 (2013)

Maloko, M Thahir. Etika Politik dalam Islam, al-daulah, Volume 1, Nomor 2 (Juni 2013)

Rahmatiah. Efektivitas Penerapan Pengendalian dan Pengawasan Miras di Makassar, al-daulah, Volume 5, Nomor 2, (Desember 2016)

Raya, Muhammad Yaasiin. Pertanggungjawaban Keuangan Negara Pada Akhir dan Setelah Tahun Anggaran Berjalan, El-Iqthisadi, Volume 1, Nomor 2, (2019)

Rinaldi Muis, Abdul, Hasan, Hamzah, Halimang. Analisis Peran Pemerintah Kota Makassar dalam Penegakan Hukum Perspektif Siyasah Syar’iyyah, Siyasatuna, Volume 3, Nomor 2, (Mei 2021)

Riqqah, Andi Nur, Mustafa, Adriana, Peran LPI-PJB Terhadap Pengadaan Barang dan Jasa di Kantor Kecamatan Rappocini Kota Makassar Perspektif Siyasah Syar’iyyah, Siyasatuna, Volume 3, Nomor 3, (September 2021)

Salam, Alda Amadiarti, Kurniati, Kahfi, Ashabul. Studi Kritis Terhadap Pengelolaan Keuangan Negara dalam Perspektif Siyasah Syar’iyyah, Siyasatuna, Volume 3, Nomor 2 (Mei 2021)

Usman, Negara dan Fungsinya (Telaah atas Pemikiran Politik), al-daulah, Volume 4, Nomor 1 (Juni 2015)

Vanudin, Muhamad Faiz, Pengaruh gaya kepemimpinan Islam terhadap Kinerja Pengurus di Pondok Pesantren Putra Ad-Dainuriyah 2 Semarang. Jurnal thesis, IAIN Walisongo, 2011

Website

https://itjen.pu.go.id/single_kolom/62, diakses 29 November 2021

https://itjen.pu.go.id/single_kolom/61, diakses 29 November 2021

https://tafsir.learn-quran.co/id/surat-58-al-mujadilah/ayat-7. Diakses 28 Desember 2021

https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/49873/pp-no-79-tahun-2005, diakses 27 Oktober 2021

Wawancara

H. Asir Mangopo (58 Tahun) Inspektur Daerah Kota Palopo, Wawancara, di Kantor Inspektorat Daerah Kota Palopo, 12 Oktober 2021.

Sarman (52 Tahun) PPUPD Inspektorat Daerah Kota Palopo, Wawancara, di Kantor Inspektorat Daerah Kota Palopo, 12 Oktober 2021.

Subhan (49 Tahun) Sekretaris Inspektorat Daerah Kota Palopo, Wawancara, di Kantor Inspektorat Daerah Kota Palopo, 12 Oktober 2021.

Diterbitkan
2024-05-31
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 31 times