SENGKETA KEPEGAWAIAN PERSPEKTIF SIYASAH SYAR’IYYAH

Analisis Putusan PTUN Makassar Nomor: 64/G/2020/Ptun.Mks

  • Masra Wahyuni Fakultas Syariah dan Hukum, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Andi Tenripadang Fakultas Syariah dan Hukum, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
Kata Kunci: Keputusan Tata Usaha Negara, PTUN, Sengketa Kepegawaian, Siyasah Syar'iyyah

Abstrak

Sengketa kepegawaian merupakan perselisihan dibidang kepegawaian yang sebagai akibat dikeluarkannya Keputusan Tata Usaha Negara oleh Badan atau Pejabat Tata Usaha Negara mengenai kedudukan, kewajiban, hak, dan pembinaan Aparatur Sipil Negara. Jenis penelitian ini tergolong kualitatif lapangan dengan pendekatan yuridis normatif dan syar’i. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan pertimbangan hukum dalam Putusan PTUN Makassar Nomor 64/G/2020/PTUN.Mks, hakim menganggap Walikota Makassar telah melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan prosedur dan tindakan tersebut melanggar Asas-asas Pemerintah yang Baik, khususnya asas asas kepastian hukum, asas tidak menyalahgunakan kewenangan dan asas kecermatan. Dalam konsep siyasah syar’iyyah, juga dikenal prinsip keadilan dan non diskriminatif, yang menginginkan setiap pemimpin untuk berlaku adil dan tidak diskriminasi dalam mengambil kebijakan. Sehingga tindakan Walikota Makassar juga dapat dikualifisir telah melanggar kedua prinsip tersebut.

Referensi

Jurnal

Albar dan Hamsir. “Problematika Suksesi Kepemimpinan Partai Persatuan Pembangunan Kota Makassar.” Siyasatuna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Siyasah Syar’iyyah 1, no. 3 (2020).

Basri, Halimah. “Kepemimpinan Politik Perempuan Dalam Pemikiran Mufassir.” al-Daulah: Jurnal Hukum Pidana dan Ketatanegeraan 7, no. 1 (2018).

Fatwah, Siti dan Kusnadi Umar. “Penerapan Sistem E-Court di Pengadilan Tata Usaha Negara Makassar Perspektif Siyasah Syar’iyyah.” Siyasatuna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Siyasah Syar’iyyah 1, no. 3 (2020).

Muis, Abdul Rinaldi, Hamsah Hasan, dan Halimang. “Analisis Peran Pemerintah Kota Makassar Dalam Penegakan Hukum Perspektif Siyasah Syar’iyyah.” Siyasatuna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Siyasah Syar’iyyah 2, no. 2 (2021).

Salam, Alda Amadiarti, Kurniati, dan Ashabul Kahfi. “Studi Kritis Terhadap Pengelolaan Keuangan Negara Dalam Perspektif Siyasah Syar’iyyah.” Siyasatuna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Siyasah Syar’iiyah 2, no. 2 (2021).

Buku

Adji, Oemar Seno. Peradilan Bebas Negara Hukum. Jakarta: Erlangga, 1980.

Al-Asqalani, Al-Hafiz Ibnu Hajar . Fath Al-Bari bi Syarh Shahih Al-Bukhar. Jakarta Selatan, Pustaka Imam Asy-Syafi'i, 2014.

Assiddiqie, Jimly. Pokok-Pokok Hukum Tata Negara Indonesia Pasca Reformasi. Jakarta: PT. Bhuana Ilmu Populer, Kelompok Gramedia, 2007.

Gofar, Abdullah. Teori Dan Praktik Hukum Acara Peradilan Tata Usaha Negara. Malang: Tunggal Mandiri, 2014.

Prodjohamidjojo, Mr. Mardiman. Hukum Acara Pengadilan Tata Usaha Negara Dan UU PTUN 2004. Bogor: Galia Indonesia, 2005.

Sukardja, Ahmad. Hukum Tata negara & Hukum Administrasi Negara Dalam Persfektif Fikih Siyasah. Jakarta: Sinar Grafika, 2014.

Shihab, M. Quraish. Tafsȋ r al-Mishbâh Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an, Vol.5. Jakarta: Lentera Hati, 2002.

Wawancara

Burhanuddin, Hakim PTUN Makassar, wawancara, Makassar, 10 Agustus 2021.

Irawan, Ferry, Hakim PTUN Makassar, wawancara, Makassar, 10 Agustus 2021.

Muliati, Sri, Sekertaris PTUN Makassar, wawancara, Makassar, 10 Agustus 2021.

Diterbitkan
2022-09-25
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 121 times