Hubungan antara Perilaku Belajar dan Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar Fisika Siswa MTs Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa
Abstract
Penelitian ini penelitian deskriptif korelasional yang bertujuan untuk memperoleh informasi tentang perilaku belajar, kecerdasan emosional, hasil belajar fisika, dan hubungan antara perilaku belajar dan kecerdasan emosional dengan hasil belajar fisika siswa MTs Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Madani Alauddin Paopao dengan jumlah 162 orang. Tehnik sampling yang digunakan adalah proporsional stratified random sampling, sampel adalah 49 orang. Instrumen yang digunakan, angket dan dokumentasi. Tehnik analisis yang digunakan adalah deskriptif dan inferensial. Berdasarkan analisis inferensial dengan rumus korelasi produk moment, maka (X1Y) memiliki hubungann sangat kuat dengan nilai 0,99, (X2 Y) memeiliki hubungan sangat kuat dengan nilai 0,98, untuk (X1X2) memiliki hubungan sangat kuat dengan nilai 0,99. Untuk analisis inferensial dengan menggunakan korelasi produk moment berganda, nilai (X1X2Y) memiliki hubungan yang sangat kuat. Analisis inferensial, variabel X1, X2dan Y diperoleh nilai 1262,3149 ≥ 3,20 maka Ho ditolak dan Ha diterima.
Downloads
References
Anonym. 2012. http://izzaila.files.wordpress.com/2012/01/prilaku-belajar-1.pdf di akses 14 juli 2012
Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar.Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2007. Manejemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
. 1998. Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Aunurrahman. 2009. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Departemen agama RI. 2005. Al-Qur’an dan Terjemahannya.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi. Jakarta: Rineka Cipta.
http://izzaila.files.wordpress.com/2012/01/kecerdasan emosio-1.pdf di akses 14 juli 2012.
Mustaqim. 2008. Psikologi Pendidikan. Semarang: Pustaka Pelajar dan Fakltas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.
Muhamad. 2008. Metodologi Penelitian Ekonomi Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Nasution. 1989. Kurikulum dan Pengajaran. Bandung: Bumi Aksara.
Nurjan, Syarifan, dkk. 2009. Psikologi Belajar. Surabaya: Amanah Pustaka.
Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Purwanto, M.Ngalim. 1992. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rahmat, Jalaluddin. 2008. Meraih Cinta Ilahi. Bandung: Pustaka Ilmah.
Sunarto, Hartono, B.agung. 2004. Perkmbangan peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
Syah, Muhibbin. 2011. Psikologi belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sudjana, Nana. 1987. Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah (Makalah, Skripsi, Bandung: Sinar Baru algesindo.
. 2009. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sugiyono. 2009. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R& D. Bandung: Alfabeta
_______.2010. Statistik untuk penelitian. Bandung: alfabeta.
_______. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
_______. 2012. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R& D. Bandung: Alfabeta.
Uno, B.Hamzah. 2006. Orientasi baru dalam Psikologi Umum. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Walgito, Bimo. 1980. Pengantar Psiskologi Umum. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.