HUBUNGAN ANTARA KEMATANGAN EMOSI DAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN SIKAP BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 BELOPA KAB. LUWU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kematangan emosi, kepercayaan diri serta sikap belajar pada siswa kelas XI IPA SMAN 1 Belopa, dan mengetahui hubungan kematangan emosi dan kepercayaan diri dengan sikap belajar siswa pada mata pelajaran fisika di kelas XI IPA SMAN 1 Belopa Kab. Luwu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Belopa yang berjumlah 233 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling dan jumlah sampel 30% dari populasi yaitu 70 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan skala kematangan emosi, skala kepercayaan diri dan skala sikap belajar. Jenis penelitian ini tergolong ex post facto sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah desain korelasi ganda. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskripsi dan analisis statistik inferensial yaitu korelasi ganda.Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh skor rata-rata kematangan emosi siswa adalah 102,57 berada pada kategori cukup, skor rata-rata kepercayaan diri siswa adalah 121,5 berada pada kategori cukup, dan skor rata-rata sikap belajar siswa adalah 57,45 berada pada kategori cukup. Berdasarkan hasil analisis inferensial menunjukkan nilai Fhitung 95,06 sedangkan FTabel pada taraf signifikan 5% adalah 3,13. Dengan demikian, nilai Fhitung jauh lebih besar dari pada nilai FTabel maka Ho di tolak, artinya terdapat hubugan yang signifikansi antara kematangan emosi dan kepercayaan diri dengan sikap belajar fisika siswa kelas XI IPA SMAN 1 Belopa Kab. Luwu.Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan referensi bagi siswa untuk senantiasa mempertahankan dan meningkatkan kematangan emosi dan kepercayaan diri dalam upaya untuk memperoleh sikap belajar yang lebih baik dalam proses pembelajaranDownloads
References
Al-Uqshari, Yusuf. 2005. Percaya Diri Pasti. Jakarta: Gema Insani.
Djaali. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ghufron, M Nur, dan Risnawati, Rini S. 2010. Teori-Teori Psikologi. Cetakan I. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Muis, Saludin. 2009. Kenali Kepribadian Anda dan Permasalahannya dari Sudut Pandang Teori Psikoanalisa. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono. 2010. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Walgito, Bimo. 2003. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.