PERBANDINGAN TINGKAT KEDISIPLINAN DAN KARAKTER BELAJAR ANTARA SISWA SMAN 1 KELARA DAN MA RAHMATULLAH KABUPATEN JENEPONTO
Abstract
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kedisiplinan dan Karakter belajar siswa SMAN 1 Kelara dan MA Rahmatullah sekaligus untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan tingkat kedisiplinan dan karakter belajar siswa SMAN 1 kelara dan MA Rahmatullah Kabupaten Jeneponto.Jenis penelitian ini tergolong expost facto dengan pendekatan penelitian melalui metode angket skala likert. Angket didistribusikan kepada Siswa SMAN 1 Kelara dan MA Rahmatullah Kelas XII.IPA Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan inferensial.Berdasarkan hasil pengolahan data angket yang terdistribusi pada skala 20 – 79, maka diperoleh Kedisiplinan Siswa SMAN 1 Kelara berada pada kategori tingg dengan nilai rata-rata 67,16. Untuk Karakter Belajar, berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata 58.3. Sedangkan Kedisiplinan MA Rahmatullah berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata 60,5. Untuk Karakter Belajar berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata 49.8 Melalui analisis inferensial maka terdapat perbedaan yang signifikan antara Kedisiplinan Fhitung 4.01 > FTabel 2.00. Demikian pula halnya terdapat perbedaan yang signifikan antara karakter Belajar SMAN 1 Kelara dengan MA Rahmatullah dengan Fhitung 4.77 > FTabel 2.00.Hasil penelitian ini diharapkanpkan dapat dijadikan referensi bagi jurusan untuk senantiasa mempertahankan atau meningkatkan Kedisiplinan dan Karakter Belajar Siswa dalam upaya memperkuat nilai-nilai social dan disiplin dalam proses pembelajaran dikelas.Downloads
References
Al-Qur'an dan Terjemahnya, Departemen Agama RI, Jakarta.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arikunto,Suharsimi.2010.Manejemen Penelitian, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Anoraga, Pandji. 2005. Psikologi Kerja. Jakarta:Rineka Cipta.
Aunurrahman.2012.Belajardan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Brazelton, Berry. 2009. Disiplin Anak ala dr. Bgrazelton. Januari: PT. Bhuana Ilmu Populer (Kelompok Gramedia).
Djamarah,SyaifulBahri.2008.Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Ekosiswoyo dan Rahman. 2000. Dasar_dasar Pendidikan. Bandung: Alfhabeta
Endraswara,Suwandi.2010.Etika Hidup Orang Jawa. Yogyakarta: Narasi.
Gulio,Dali.2010.Psikologi Karakter. Bandung: Bumi Aksara.
Gunawan,Heri.2012.Pendidikan Karakter dan Implementasi. Bandung: Alfhabeta.
Hilgard , Bower. 2010. Theories of Learning. Bandung: Erlangga.
Hurlock, Elizabeth. 2011. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Irianto, Agus. 2006. Statistik Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Kencana.
Irwan A Hyman dan Pamela. 2013. A Snock Dangeraus Schooll. Bandung: Rineka Cipta.
Ismail, Ilyas. 2012.Pendidikan Karakter Suatu Pendekatan Nilai. Makassar: Alauddin University pers.
Kusuma,Dony .2004 .Nilai-nilai Karakter Pendidikan Bangsa. Bandung: Alfhabeta.
Purwanto,Ngalim.2011. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offsett.
Riduwan. 2008. Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Russell, Beltrand. 2013. Penggolongan Pemikiran. Jakarta: PT. Penerbit Gramedia.
Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. 2010. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.