EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO BASED LABORATORY TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA

  • Ulfi Saharsa Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Muhammad Qaddafi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Baharuddin Baharuddin Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan pemahaman konsep yang tidak diajarkan dan diajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan video based laboratory . Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen bentuk Quasi Eksperimen yang memiliki kelompok kontrol  tetapi tidak dapat berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel-variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah “Nonequivalen (Pretest-Posttest) Control Group Desain”.Populasi peneliti adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 19 Bulukumba kabupaten Bulukumba. Sampel peneliti yaitu kelas VIII.A sebagai kelas kontrol  dan kelas VIII.B sebagai kelas eksperimen. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes pemahaman konsep yang berupa Pretes dan Posttes, observasi dan dokumentasi. Analisis data menunjukan pemahaman konsep peserta didik pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning sebagai model belajar berada pada kategori tinggi, dengan presentase 80% Sedangkan untuk kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konfensional berada pada kategori sedang, dengan presentase 60%. Kedua dari hasil analisis uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai thit = 13,97 dan nilai ttab= 2,02 dengan dk 52. Dimana nilai thit > ttab sehingga H-0 ditolak, H1 diterima,  dengan demikian terdapat peningkatan pemahaman konsep fisika peserta didik yang diajar melalui model Problem Based Learning berbantuan Video Based Laboratory.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ulfi Saharsa, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Muhammad Qaddafi, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Baharuddin Baharuddin, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

References

Dewiatmini, Paramita. 2010. Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika pada Pokok Bahasan Himpunan Siswa Kelas VII A SMP Negeri 14 Yogyakarta dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Devision (STAD).

Made Wena. 2010. Strategi Pembelajaran Inovatif Komptenporer(Suatu Tinjauan Konseptual Operational). Jakarta: Bumi Aksara.

Hamzah dan Mohamad, Nurdin. 2015. Belajar Dengan Pendekatan Pailkem: Pembelajaran aktif, inovatif, lingkungan, kreatif, efektif, menarik. Jakarta: Bumi Aksara.

Santrock, John W. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Published
2018-09-05
How to Cite
Saharsa, U., Qaddafi, M., & Baharuddin, B. (2018). EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO BASED LABORATORY TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 6(2), 57-64. https://doi.org/10.24252/jpf.v6i2.5725
Section
Articles
Abstract viewed = 5174 times

Most read articles by the same author(s)

> >>