PENGARUH BELAJAR DENGAN TEKNIK HAFALAN TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL FISIKA DITINJAU DARI TINGKAT KEJENUHAN BELAJAR
Abstract
Tujuan penelitian ini adalahmengetahui pengaruh belajar dengan teknik hafalan terhadap kemampuan menyelesaikan soal fisika ditinjau dari tingkat kejenuhan belajar mata pelajaran fisika pada materi energi dan transformasi energi pada siswa kelas VII MTs Negeri Model Makassar. Jenis sampel penelitian yang digunakan adalah simple random sampling. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini berupa instrumen tertulis dan dan skala psikologidengan menggunakan sklai likert. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial yaitu uji regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif diperoleh rata-rata belajar dengan teknik hafalan berada pada kategori sangat baik dan kemampuan menyelesaikan soal fisika berada pada kategori baik serta tingkat kejenuhan belajarnya berada pada kategori sangat tingggi. Sedangkan hasil inferensial yaitu Fhitunh ˃ Ftabel sehingga terdapat pengaruh belajar dengan teknik hafalan terhadap kemampuan menyelesaikan soal fisika ditinjau dari tingkat kejenuhan belajar mata pelajaran fisika pada materi energi dan transformasi energi pada siswa kelas VII MTs Negeri Model MakassarDownloads
References
Alwi, Marjani. Mengapa Anak Malas Belajar ? Solusi Belajar Efektif dan menyenangkan. Makassar: Alauddin University press. 2012.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur PeneltianSuatuPendekatanPraktik.Jakarta: PT. Rineka Cipta. 2006.
Darmadi, Hamid. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta: 2013
Daryanto dan Muljo Raharjo.Model pembelajaran Inovatif.Yogyakarta: Penerbit Gava Media. 2012.
Hidayatullah, Hamim. Lembaga Bimbingan Belajar Al-Qur’an. Hambatan-Hambatan dalam Menghafal dan Belajar Al-Quran (on-Line)http:www.lbbqsohibulquran.org/,diakses 4 ferruary 2013). 2012.
Jalaludin Rakhmat. Cet XXII. Psikologi Komunikasi, Edisi revisi. Jakarta:Remaja Rosda karya. 2005.
Joni, Raka. Pengukuran dan penilaian Pendidikan. Makassar: Yayasan Pusat Pengkajian,latihan, dan pengembangan Masyarakat. 1995.
Junaidi, Purnama. Pengantar Analisis Data .Jakarta:PT. Rineka Cipta. 1995.
Misbahuddin dan Iqbal Hasan. Analisis Data Penelitian dengan Statistik Edisi Ke-2. Jakarta :PT Bumi Aksara. 2013
Mustamin, Khalifah, Syamsudduha dan Thamrin Tayeb.Metodologi Penelitian Pendidikan. Makassar : Alauddin Press. 2009.
Nursalam. Pengukuran Dalam pemdidikan. Makassar : Alauddin University Press. 2012.
Riduwan, Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti pemula. Bandung: Alfabeta. 2013
Rubiyanto, Nanik. Strategi Pembelajaran Holistik Di Sekolah. Jakarta: Prestasi Pusaka.2010.
Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.1996.
Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada. 2003.
Subagyo, Joko. Metode Penelitian Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. 2004.
Sudijono,Anas.PengantarStatistikaPendidikan.Jakarta:RajagrafindoPersada.2012.
Sugiyono.Metode Penelitian PendidikanPendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta. 2013
Sugiyono. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. 2014
Syah, Muhibbin. PsikologiBelajar. Jakarta: Rajawali Pers.2011.
Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya. 2009.
Tawil, Muhammad. Buku Ajar Pengembangan kurikulum fisika. Makassar: Alauddin Press.2013.
Tiro, Muhammad Arif.Dasar-dasarStatistika. Makassar: State Universitas of Makassar.2003.
Umar, Husein. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis bisnis. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada. 1996.
Yusran, Muhammad.Penerapan Metode menghafal dan problematikanya Dalam pembelajaran Al-Quran Hadits di Pondok Pesantren Skekh hasan Yamani Kecematan Campalagian kabupaten Polewali mandar.Skripsi. Makasaar: Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin .
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.