EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE ENJOYFULL LEARNING DALAM PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA KELASX SMA NEGERI 1 BOLO KAB. BIMA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa yang diajar tanpa penerapan metode enjoyfull learning, untuk mengetahui minat belajar siswa yang diajar dengan penerapan metode enjoyfull learning, serta untuk mengetahui apakah penerapan metode enjoyfull learning efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Bolo Kab. Bima. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pra-eksperimental dengan menggunakan desain the comparasion design dan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument angket minat belajar siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Melalui uji Hipotesi dengan uji t diperoleh nilai thitung lebih besar dari pada ttabel yaitu 5,879 dan 2,045. Berdasarkan hasil ini dapat diketahui bahwa metode enjoyfull learning efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMA Negeri 1 Bolo Kab. Bima.
Downloads
References
Chun,Wang Wei. 2011. A Joyfull Classroom Learning System With Robot Learning Companion For Children to Learn Mathematic Multiplication, Vol 10.
Emzir. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Haling, Abdul. 2007. Belajar dan Pembelajaran.Makassar : Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.
Nurbaei Sofyan. 2004.” Skripsi”. Hubungan Antara Minat dan Perhatian Dengan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA pada SD Labuan Baji 1 Makassar di UVRI Makassar.
Popham, W. James. 2003. Teknik Mengajar Secara Sistematis. Jakarta : Renika Cipta.
Priansa, D.J. 2014. Kinerja dan Profesionalisme Guru. Bandung : CV Alfabeta.
Rudi Hartono. 2013. Ragam Model Pembelajaran Yang Mudah Diterima Murid. Yogyakarta : DIVA PRESS.
S Anggoro. 2017. Influence Of Joyfull Learning On Elementary School Students’ Attitudes Toward Science, Conf.Ser 812 012001.
Shaikshik Parisamvad. 2014. Creating A Joyful Learning Environment At Primary Level, Vol. 4 No 1.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakata : Rineka : Cipta.
Sukardi. 1987 . Bimbingan dan Penyuluhan. Surabaya : Usaha Nasional.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.