PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR

  • Nurfauzia Nurfauzia
  • Rafiqah Rafiqah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelas dengan perlakuan Guided Inquiry dan kelas dengan perlakuan Discovery Learning serta mengetahui perbandingan kedua model pembelajaran yang digunakan pada setiap kelas. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain Counterbalance Design, desain yang menyamakan kelompok eksperimen dan perbandingan. Instrument yang digunakan tes hasil belajar fisika dengan subjek kelas XI IPA. Tes hasil belajar terdiri atas soal pilihan ganda sebanyak 20 nomor. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis data deskripsif dan inferensial dengan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menujukkan bahwa kelas XI IPA 1 lebih unggul dari kelas XI IPA 2, hal ini dilihat dari nilai hasil belajar pada proses penelitian. Sehingga dari keenam rumusan masalah, hanya hipotesis pertama tidak ada perbedaan hasil belajar, selanjutnya dihipotesis kedua sampai keenam terdapat perbedaan antara hasil belajar kelas XI IPA 1 dan kelas XI IPA 2. Model Guided Inquiry lebih unggul dibanding Model Discovery Learning.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bloom, B. S. 1956. Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goals. New York: McKay.

Emzir, 2014. Metodolgi Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: PT.RAJAGRAFIND Persada.

Fraenkel and Wallen. 2009. How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill.

Hartono, Makmur dan Syahrar. “Analisis Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Pada Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pembelajaran Langsung Bantuan Peta Konsep”. Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran Fisika 4 no.2 (2012) : 44-49.

Irfan Naufa, A gided Inquiry Learning Aproach in a web Environment Theory and Application. Di akses tanggal 25 Juni 2015, 22:45 WITA

KEMEDIKBUD, Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning), diakses tanggal 20 Juni 2015, pukul 11:00

Published
2016-03-01
How to Cite
Nurfauzia, N., & Rafiqah, R. (2016). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 4(1), 20-24. https://doi.org/10.24252/jpf.v4i1.3282
Section
Volume 4 Nomor 1, 2016
Abstract viewed = 726 times

Most read articles by the same author(s)