PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelas dengan perlakuan Guided Inquiry dan kelas dengan perlakuan Discovery Learning serta mengetahui perbandingan kedua model pembelajaran yang digunakan pada setiap kelas. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain Counterbalance Design, desain yang menyamakan kelompok eksperimen dan perbandingan. Instrument yang digunakan tes hasil belajar fisika dengan subjek kelas XI IPA. Tes hasil belajar terdiri atas soal pilihan ganda sebanyak 20 nomor. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis data deskripsif dan inferensial dengan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menujukkan bahwa kelas XI IPA 1 lebih unggul dari kelas XI IPA 2, hal ini dilihat dari nilai hasil belajar pada proses penelitian. Sehingga dari keenam rumusan masalah, hanya hipotesis pertama tidak ada perbedaan hasil belajar, selanjutnya dihipotesis kedua sampai keenam terdapat perbedaan antara hasil belajar kelas XI IPA 1 dan kelas XI IPA 2. Model Guided Inquiry lebih unggul dibanding Model Discovery Learning.Downloads
References
Bloom, B. S. 1956. Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goals. New York: McKay.
Emzir, 2014. Metodolgi Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: PT.RAJAGRAFIND Persada.
Fraenkel and Wallen. 2009. How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill.
Hartono, Makmur dan Syahrar. “Analisis Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Pada Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pembelajaran Langsung Bantuan Peta Konsep”. Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran Fisika 4 no.2 (2012) : 44-49.
Irfan Naufa, A gided Inquiry Learning Aproach in a web Environment Theory and Application. Di akses tanggal 25 Juni 2015, 22:45 WITA
KEMEDIKBUD, Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning), diakses tanggal 20 Juni 2015, pukul 11:00
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.