EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KEPALA BERNOMOR STRUKTUR TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR
Abstract
Pokok Masalah pada penelitian ini yaitu: 1) Bagaimanakah hasil belajar fisika peserta didik kelas VIII MTs DDI Padanglampe sebelum penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor Struktur?, 2) Bagaimakah hasil belajar fisika peserta didik kelas VIII MTs DDI Padanglampe setelah penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor Struktur?, 3) Apakah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor Struktur efektif dalam meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik MTs DDI Padanglampe? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen jenis Quasi Experimental Design, dengan desain Non-equivalent Control Group Design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Model pembelajaran kooperatif tipe kepala bernomor struktur efektif terhadap peningkatan hasil belajar fisika peserta didik kelas VIII MTs DDI Padanglampe Kab. Pangkep. Ini dapat dilihat dari peningkatan nilai hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen yang signifikan meningkat dan persentase keterlaksanaan model pembelajaran 100%.
Downloads
References
Abdullah Sani, Ridwan. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Bahri, Syaiful dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Budiman, Daniar. 2010. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan RESIKO (Realistic Mathematic Education Setting Kooperatif). Skripsi. IAIN Sunan Ampel.
Creswell, John. 2015. Riset Pendidikan Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi Riset Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Darajat, Zakiah. 1983. Agama dan Kesehatan Mental. Jakarta: Bulan Bintang.
Djumingin, Sulastriningsi. 2011. Strategi dan Aplikasi Model Pembelajaran Inovatif Bahasa dan Sastra. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Emzir. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Farida dkk. 2009. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Structure Numbered Heads (SNH) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Rambah Samo. Skripsi. Universitas Pasir Pengaraian.
Furchan, Arief. 2011. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hamsah dan Nurdin. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.
Lie, Anita. 2008. Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang Kelas. Jakarta: PT. Grasindo.
Maharani, Bella dan Sulistiawati. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor Struktur Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Skripsi. Universitas Negeri Surabaya.
Mania, Sitti. 2012. Pengantar Evaluasi Pengajaran. Makassar: Alauddin University Press.
Misbahudin dan Iqbal Hasan. 2013. Analisis Data Penelitian dengan Statistik Edisi Ke 2. Jakarta: Bumi Aksara.
Pramono, Sigit. 2014. Panduan Evaluasi Kegiatan Belajar-Mengajar. Yogyakarta: DIVA Press.
Retnawati, Heri. 2016. Validitas Reliabilitas dan Karakteristik Butir. Yogyakarta: Prama Publishing.
Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Slameto. 2009. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto. 1999. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sofia, Rahma. 2008. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor Struktur dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah.
Sovia, Serly dkk. 2006. Penerapan Model Pembelajaran Koopeartif Tipe Kepala Bernomor Struktur Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Teknik Sipil Pada Mata Pelajaran Mekanika. Skripsi. Universitas Sebelas Maret.
Subana dan Sudrajat. 2009. Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia.
Sudjana. 1992. Metoda Statistika Edisi Ke 5. Bandung: Trasito.
Sudjana, Nana dan Ibrahim. 2009. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sugiono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Takdir Ilahi, Muhammad. 2012. Revitalisasi Pendidikan Berbasis Moral. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Taniredja, Tukiran ddk. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.
Undang-undang Sisdiknas. 2011. Sistem pendidikan nasional. Jakarta: Sinar Grafika.
Widyoko, Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
------------. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar,.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.