PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FISIKA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tiperotating trio exchange pada mata pelajaran fisika kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1
Polongbangkeng Utara, meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fisika
dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe RTE kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1
Polongbangkeng Utara.. Jenis penelitian tindakan kelas dan instrumen dalam penelitian
adalah lembar observasi, tes tertulis, kuisioner respon siswa dan rekaman foto. Menggunakan
analisis deskriptif dan analisis kualitatif. Hasil observasi aktivitas peserta didik pada siklus I
berada pada kategori cukup dan siklus II pada kategori baik. Respon siswa terhadap
pembelajaran termasuk kategori sangat baik. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe rotating trio exchange meningkatkan hasil belajar
peserta didik kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Polongbangkeng Utara pada mata pelajaran
fisika dilihat dari persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 50,00%
meningkat menjadi 78,12% pada siklus II.
Downloads
References
Dipayana, Dyatma. 2014. “Pengaruh Strategi
Pembelajaran Rotating Trio Exchange
(RTE) Terhadap Hasil Belajar
Matematika” Mimbar PGSD Universitas
Pendidikan Ganesha 2, no. 1: h. 8-9.
Kasmadi dan Nia. 2014. Panduan Modern
Penelitian Kuantitatif. Bandung:
Alfabeta
Mas”ud, Yellis. 2012
(http:yellismasud.blogspot.com/2012/rotat
ing-trio-exchange.html) pada tanggal 25
November 2015.
Muhaimin. 2012. Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange.
Tombolo Pao: -,2012. http://muhaimin-totombolo-
pao.blogspot.co.id/2012/04/modelpembelajaran-
kooperatif-tipe.html (1 Maret
.
Muijs, Daniel dan David Reynolds. 2005.
Effective Teaching, Evidence and
Practice, California: SAGE Publications
Ltd.
Ramayulis, H. 2002. Ilmu Pendidikan
Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Sillberman, Mel. 2007. Active Learning: 101
Strategi Pembelajaran Aktif. Penerjemah:
Sarjuli. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses
Belajar Mengajar. Bandung; Remaja
Rosdakarya.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.