GAMBARAN PROSES PEMBELAJARAN FISIKA DI SMAN 01 UNGGULAN KAMANRE DAN SMAN 2 BELOPA

  • Umi Purnama Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
  • Ummu Kalsum Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
  • Eka Damayanti Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan membahas tentang gambaran proses pembelajaran Fisika di SMAN 01 Unggulan Kamanre dan SMAN 2 Belopa.  Penelitian jenis deskriptif kualitatif ini menggunakan pemilihan sampel dengan purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa pedoman wawancara, lembar observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis melalui teknik koding atau teknik pengkodean yang dimulai dari yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan proses pembelajaran yang terjadi di SMAN 01 Unggulan Kamanre dan SMAN 2 Belopa sudah sesuai dengan teori pembelajaran yang ada, mulai dari: 1) Persiapan pembelajaran berupa penggunaan RPP; 2) Materi Pembelajaran (Gerak fisis benda, Gerak harmonik sederhana, Elektromagnetik, Osilasi gerak harmonik dan Besaran dan satuan); 3) Metode Pembelajaran (Metode ceramah, Metode diskusi, Metode tanya jawab, Metode eksperimen dan Metode permainan); 4) Media Pembelajaran (LCD, Powerpoint, alat-alat praktikum, papan tulis dan spidol); 5) Evaluasi Pembelajaran (tanya jawab, Ulangan harian, kuis dan tugas).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, Azhar. 2004. Media Pembelajaran. Cet 5. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Danim, Sudarwan. 2003. Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Daryanto. 2013. Inovasi Pembelajaran efektif. Bandung: Yrama Widya

Gulo, W. 2008. Strategi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT. Grasindo Hadade

Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Hasibuan, J. J., dan Moedjiono. 2009. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Heinich, Molenda, Russell, dan Smaldino. 2002. Instructional media and technology for learning, 7th edition. New Jersey: Prentice Hall

Masyunis, Aleks. 2000. Strategi Kualitas Pendidikan MIPA di LPTK. Makalah pada Seminar Nasional FMIPA UNY tanggal 22. Agustus 2000.

N. K., Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar: Salah Satu Unsur Pelaksanaan Strategi Belajar Mengajar: Teknik Penyajian. Jakarta: Rineka Cipta

Pasaribu dan Simanjuntak. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Erlangga

Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Cet.IV. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Rohani, Ahmad. 2010. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Rohani, Ahmad. 2011. Media Instruktif Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Taniredja, Tukiran, dkk. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta

Usman, Moh Uzer. 1995. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya

Wahyuni, Sri., Salahuddin., & Damayanti, Eka. 2017. Pengaruh Penggunaan Model Cooperatif Learning Dengan Pendekatan Keterampilan Proses Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Smp Negeri 3 Sunguminasa. Jurnal Biotek Vol 5 No 2 Tahun 2017. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/biotek/article/view/4285

Warsita, Bambang. 2001. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya,. Jakarta: Erlangga

Published
2019-01-24
How to Cite
Purnama, U., Kalsum, U., & Damayanti, E. (2019). GAMBARAN PROSES PEMBELAJARAN FISIKA DI SMAN 01 UNGGULAN KAMANRE DAN SMAN 2 BELOPA. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 7(1), 48-73. https://doi.org/10.24252/jpf.v7i1.5735
Section
Volume 7 Nomor 1, Maret 2019
Abstract viewed = 392 times

Most read articles by the same author(s)

> >>