GAMBARAN PROSES PEMBELAJARAN FISIKA DI SMAN 01 UNGGULAN KAMANRE DAN SMAN 2 BELOPA
Abstract
Penelitian ini bertujuan membahas tentang gambaran proses pembelajaran Fisika di SMAN 01 Unggulan Kamanre dan SMAN 2 Belopa. Penelitian jenis deskriptif kualitatif ini menggunakan pemilihan sampel dengan purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa pedoman wawancara, lembar observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis melalui teknik koding atau teknik pengkodean yang dimulai dari yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan proses pembelajaran yang terjadi di SMAN 01 Unggulan Kamanre dan SMAN 2 Belopa sudah sesuai dengan teori pembelajaran yang ada, mulai dari: 1) Persiapan pembelajaran berupa penggunaan RPP; 2) Materi Pembelajaran (Gerak fisis benda, Gerak harmonik sederhana, Elektromagnetik, Osilasi gerak harmonik dan Besaran dan satuan); 3) Metode Pembelajaran (Metode ceramah, Metode diskusi, Metode tanya jawab, Metode eksperimen dan Metode permainan); 4) Media Pembelajaran (LCD, Powerpoint, alat-alat praktikum, papan tulis dan spidol); 5) Evaluasi Pembelajaran (tanya jawab, Ulangan harian, kuis dan tugas).
Downloads
References
Arsyad, Azhar. 2004. Media Pembelajaran. Cet 5. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Danim, Sudarwan. 2003. Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Daryanto. 2013. Inovasi Pembelajaran efektif. Bandung: Yrama Widya
Gulo, W. 2008. Strategi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT. Grasindo Hadade
Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Hasibuan, J. J., dan Moedjiono. 2009. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Heinich, Molenda, Russell, dan Smaldino. 2002. Instructional media and technology for learning, 7th edition. New Jersey: Prentice Hall
Masyunis, Aleks. 2000. Strategi Kualitas Pendidikan MIPA di LPTK. Makalah pada Seminar Nasional FMIPA UNY tanggal 22. Agustus 2000.
N. K., Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar: Salah Satu Unsur Pelaksanaan Strategi Belajar Mengajar: Teknik Penyajian. Jakarta: Rineka Cipta
Pasaribu dan Simanjuntak. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Erlangga
Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Cet.IV. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Rohani, Ahmad. 2010. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta
Rohani, Ahmad. 2011. Media Instruktif Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Taniredja, Tukiran, dkk. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta
Usman, Moh Uzer. 1995. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya
Wahyuni, Sri., Salahuddin., & Damayanti, Eka. 2017. Pengaruh Penggunaan Model Cooperatif Learning Dengan Pendekatan Keterampilan Proses Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Smp Negeri 3 Sunguminasa. Jurnal Biotek Vol 5 No 2 Tahun 2017. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/biotek/article/view/4285
Warsita, Bambang. 2001. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya,. Jakarta: Erlangga
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.