Efektivitas Strategi Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) dan Strategi Pembelajaran Konvensional Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MAN Pangkep

  • Nurhaerah Mahyar
  • Ali Umar Dani
    (ID)

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen yang bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Hasil belajar peserta didik yang diajar menggunkana strategi pembelajaran thinking aloud pair problem solving. 2) Hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan strategi pembelajaran konvensional. 3) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang diajar mennggunakan strategi pembelajaran thinking alaoud pair problem solving dan strategi pembelajaran konvensional, 4) mengetahui efektivitas strategi pembelajaran thining aloud pair problem solving terhadap hasil belajar. Hasil penelitian deskripsi menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar fisika peserta didik yang sebelum diajar menggunakan strategi pembelajaran thinking aloud pair problem solving sebesar 39,32 dan setelah diajar sebesar 80,14. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar fisika peserta didik sebelum diajar menggunakan strategi pembelajaran Konvensional sebesar 25,42 dan setelah diajar sebesar 65,46. Selanjutnya berdasarkan analisis hipotesis untuk hasil belajar peserta didik menunjukkan thitung yang diperoleh sebesar 1,73 dan ttabel 1,68 sehingga thitung > ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran thinking aloud pair problem solving dapat meningkatakan hasil belajar peserta didik kelas X MAN Pangkep.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Anita, Sri. (2017). Strategi Pembelajaran di SD. Banten: Universitas Terbuka.

Irmawati, A., & Ashar, H. (2016). Penerapan Strategi Pembelajaran Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kit Eksperimen Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 67-70.

Johnson, S.D dan Chung, S.P. (2015). “The Effect Of Thinking Aloud Pai Problem Solving On The Troubleshooting Ability Of Aviation Technician Student”,Journal Of Industrial Teacher Education 37 No. 1.

Permatasari, A. K., Istiyono, E., & Kuswanto, H. (2019). Developing Assessment Instrument To Measure Physics Problem Solving Skills For Mirror Topic. International Journal of Educational Research Review, 4(3), 358-366.

Rahmat, Maulidi dkk. (2014). Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Strategi Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving Siswa Kelas X SMA”.Jurnal Fisika Indonesia18 No.54 h.108-112.

Rusman.(2016).Model-Model Pembelajaran. Jakarta:Rajawali Press.

Sanjaya, Wina. (2006).Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Diterbitkan
2021-10-31
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 274 times

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

> >>