PENGARUH KECEMASAN BERKOMUNIKASI TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI ANGKATAN 2013 FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN ALAUDDIN MAKASSAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kecemasan Berkomunikasi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi Angkatan 2013 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, untuk mengetahui Prestasi Akademik Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi Angkatan 2013 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, dan untuk mengetahui Pengaruh Kecemasan Berkomunikasi terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi Angkatan 2013 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa angkatan 2013 Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar berjumlah 120 mahasiswa sedangkan sampelnya adalah 50% dari populasi berjumlah 60 mahasiswa dengan teknik pengambilan sampel “Simple Random Sampling”. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kecemasan berkomunikasi dan dokumentasi dalam bentuk indeks prestasi semester (I dan II). Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial.
Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif, kecemasan berkomunikasi diperoleh nilai rata-rata 82,73 berada pada kategori sedang dari nilai ideal 100 diperoleh nilai terendah 60, nilai tertinggi 110 dengan presentase 68,33%. Untuk hasil prestasi akademik diperoleh nilai rata-rata 3,34 berada pada kategori memuaskan dari nilai ideal 4,00 diperoleh nilai terendah 2,28, nilai tertinggi 4,00 dengan presentase 70%. Adapun hasil analisis statistik inferensial dengan uji regresi sederhana, diperoleh koefisien korelasi nilai sebesar 13,139 sedangkan nilaisehingga = 3,16. Jadi, dapat disimpulkan bahwa > yakni 13,139>3,16, makaditolak dan diterima yang berarti terdapat pengaruh yang positif antara kecemasan berkomunikasi terhadap prestasi akademik mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi Angkatan 2013 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar dengan sumbangsih sebesar 18,5 %.Downloads
References
Arifin, Zainal. Evaluasi Pembelajaran. Cet. IV; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.
Azwar, Saifuddin. Penyusunan Skala Psikologi. Jakarta: Remaja Rosda Karya, 2015.
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Pustaka, 2005.
Dwi, Watoyo. “Hubungan Antara Lingkungan Belajar Dan Minat Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Kelas Xi Jurusan Ips Sma Negeri I Paninggaran Kabupaten Pekalongan Tahun 2008,” Thesis. Surakarta: Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret, 2008.
Femi, Olivia. Teknik Ujian Efektif. Cet. 1;Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2011.
Fuad, Ihsan. Dasar-Dasar Kependidikan, Cet. III; Jakarta: Rineka Cipta, 2003.
Feist Jess dan Gregory J. Feist, Teori Kepribadian, Jakarta: Salemba Humanika, 2010.
Hakim,Thursan. Belajar secara Efektif. Cet. 1; Jakarta: Pustaka Pembangunan Swadaya Nusantara, 2005.
Hasan M. Iqbal. Pokok-Pokok Materi Statistik. Jakarta: Bumi Aksara, 2008
Imron, Rosidi. Menulis Siapa Takut?, Cet. V; Yogyajarta: Kanisius, 2013.
Natsir, Moh. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia, 2003.
Purbayu. Analisis Statistik dengan MS. Excel. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Prayitno. Dasar Teori dan Praksis Pendidikan, Cet. II; Padang: Grasindo, 2009.
Rakhmat, Jalaluddin. Psikologi komunikasi. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2008.
Reni, Akbar. Akselerasi, Cet. 1; Jakarta: Grafindo, 2012.
Rizkhi, Ika. “Analisis Pengaruh Proses Belajar Mengajar, Motivasi Belajar, dan Lingkungan Belajar Kampus terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa”. Skripsi. Semarang:Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro, 2013.
Sevilla, Counselo. Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: UI-Press, 1993.
Siregar, Sofyan. Statistik Deskriptif untuk Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Pusaka, 2011.
Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Cet. V; Jakarta : Rineka Cipta, 1988.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Dan R & D, Cet. VI; Bandung: Alfabeta, 2009.
Syah, Muhibbin. Psikologi Belajar. Cet. II; Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2006.
Saefullah. Psikologi perkembangan dan Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia, 2012.
Supranto, J. Statistik Teori dan Aplikasi. Jakara: Erlangga, 2008.
Steven, Beebe. A. Interpersonal Communication. Boston: Allyn and Baccon, 2005.
Siska, dan Sudardjo. “Kepercayaan Diri Dan Kecemasan Komunikasi Interpersonal Pada Mahasiswa.” Jurnal Psikologi, vol. 1 no. 02 (2003).
Tohirin. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006.
Winkel, W.S. Psikologi Pengajaran, Edisi Revisi. Jakarta: Raja Grasindo Persada, 1999.
Winarni, Reni. “ Kepercayaan Diri dengan Kecemasan Komunikasi di Depan Umum Pada Mahasiswa”. Jurnal Online Psikologi, vol. 01 No. 02 (2003). http:// ejournal.umm.ac.id
Authors who publish with Jurnal Biotek agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.