PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN DI KELAS XI IPA2 SMA NEGERI 14 MAKASSAR
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk
mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa dengan
menggunakan media Power Point. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI
IPA2 SMA Negeri 14 Makassar semester genap tahun pelajaran 2011/2012
dengan jumlah siswa 39 orang. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri
atas 2 siklus, setiap siklus terdiri atas 2 kali pertemuan. Data diperoleh dengan
menggunakan instrumen lembar observasi untuk aktivitas belajar dan instrumen
tes hasil belajar untuk hasil belajar kognitif siswa. Data yang terkumpul dianalisis
dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian dari siklus I ke
siklus II menunjukkan bahwa aktivitas siswa meningkat dan hasil belajar siswa
dari siklus I ke siklus II juga mengalami peningkatan. Dimana untuk hasil belajar
kognitif peningkatan persentase siswa yang tuntas dari siklus I 51,28% menjadi
87,18% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
melalui penggunaan media Power Point dapat meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar kognitif siswa kelas XI IPA2 SMA Negeri 14 Makassar.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Administrator. 2011. Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKn.
http://yangpenting.com/pendidikan/aktivitas-belajar-siswa-dalam-pembelajaranpkn/.Diakses tanggal 18 November 2011.
Administrator. (2011, 24 Maret). Pengertian Belajar dan Hasil Belajar.
http://duniabaca.com/pengertian-belajar-dan-hasil-belajar.html. Diakses tanggal 18 November 2011.
Ardana, I, M. 2007. Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pembelajaran Berorientasi Konsep Jengah dan Konstruktivis. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran UNDIKSHA (Online), No. 3 TH. XXXX Juli 2007, ISSN 0215 – 8250, (http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=10&cad =rja&ved=0CF8QFjAJ&url=http%3A%2F%2Fpasca.undiksha.ac.id%2Fimages%2Fimg_item%2F766.doc&ei=b4T7UsDcMYXtrQf124HwDg&usg=AFQjCNEIjFcPPcXhG8NSYNtfTaGobiTzBg. Diakses 12 Februari 2014).
Arifin. (2010, 29 Oktober). Peningkatan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X melalui Penggunaan Media Interaktif Berbasis ICT di SMA Negeri 2 Bulukumba. http://arifahnoviaarifin.blogspot.com/2010/10/bab-ipendahuluan_
html. Diakses tanggal 23 November 2011.
BIOLOGI DAN PEMBELAJARAN BIOLOGI INOVATIF: Menuju Persaingan Masyarakat Ekonomi Asean 24 Jurusan Pendidikan Biologi - FTK UINAM Arikunto, S., Suhardjono, dan Supardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran (Edisi Revisi). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Asrullah. 2009. Peningkatan Hasil Belajar Pada Konsep Sistem Gerak Manusia Melalui Penggunaan Media Visual Dalam Bentuk Microsoft Powerpoint Siswa Kelas XI IPA5 SMA Negeri 3 Makassar. Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar. Makassar.
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
Bakrowi. (2007, 1 September). Microsoft Power Point sebagai Media Pembelajaran Materi Unsur, Senyawa, dan Campuran Berbasis STAD. Jurnal Pendidikan Inovatif Volume 3. http://www.docstoc.com/docs/21049237/Microsoft-Office-
PowerPoint-Sebagai-Media-Pembelajaran-Materi. Diakses tanggal 24 November 2011.
Djamarah, Syaiful dan Zain, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Farich, Farichin. (2011, 21 April). Media Pembelajaran Dalam Pendidikan. http://farichinfarich.blogspot.com/2011/04/media-pembelajaran-dalampendidikan. html. Diakses tanggal 6 Januari 2012.
Hadis, Abdul dan B, Nurhayati. 2010. Manajemen Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Hidayat, Jufriady. (2008, 15 Januari). Penggunaan Microsoft Power Point atau Camtasia sebagai Media Pembelajaran TIK. Jurnal. http://media.diknas.go.id. Diakses tanggal 30 November 2011.
Indiakiloalpa. 2010. Penggunaan Media Animasi dalam Pembelajaran Biologi. http://biosmanII.blogspot.com/2010/03/penggunaan-animasi-dalampembelajaran. html. Diakses tanggal 3 November 2011.
Kusumah, W dan Dwitagama, D. 2012. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas (Edisi Kedua). Jakarta: Indeks
Muslich, Masnur. 2008. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara
Nurhayati. 2008. Strategi Pembelajaran Biologi. Makassar: Jurusan Biologi FMIPA UNM.
Riyana, Cepi. (2010, 13 Mei). Teknologi Informasi Dan Komunikasi (ICT) Dalam Pendidikan. Seminar Nasional ICT, Ikatan Guru Indonesia (IGI) Sukabumi. http://klubgurusmi.files.wordpress.com. Diakses tanggal 23 November 2011.
Rohani, A. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Asdi Mahasatya.
BIOLOGI DAN PEMBELAJARAN BIOLOGI INOVATIF: Menuju Persaingan Masyarakat Ekonomi Asean Jurusan Pendidikan Biologi - FTK UINAM 25
Rusman. 2013. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer (Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21). Bandung: Alfabeta
Sadiman, Arief., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito, C. 2008. Media Pendidikan (Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sagala, Syaiful.2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sulianto dan Porniawati. (2011, 22 Maret). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar dengan Metode Pemecahan Masalah. http://dikti.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=2011:upayameningkatkan-
aktivitas-dan-kreativitas-siswa-dalam-pembelajaran-matematikadi-
sekolah-dasar-dengan-metode-pemecahan-masalah&catid=159:artikelkontributor. Diakses tanggal 18 November 2011.
Sumadi. (2011, 7 Februari). Hasil Belajar. http://www.scribd.com/doc/51282702/Pengertian-HasiBelajar-Menurut-Para-Ahli. Diakses tanggal 18 November 2011.
Sumiati & Asra. 2008. Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.
Suprijono, A. 2012. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Susilana, R dan Riyana, C. 2007. Media Pembelajaran (Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian). Bandung: Wacana Prima.
Uno, H, B. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Zulaikhah. 2009. Pengaruh Penggunaan Media Gambar Animasi terhadap Hasil Belajar IPS di MIN Grobigan. http://eprints.uny.ac.id/584/. Diakses tanggal 3 November 2011.
Authors who publish with Jurnal Biotek agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.