PERLINDUNGAN DAN PEMBERDAYAAN PETANI PERSPEKTIF SIYASAH SYAR’IYYAH

  • Lu'Luil Maknun Fakultas Syariah dan Hukum, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Usman Jafar Fakultas Syariah dan Hukum, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Patimah Patimah Fakultas Syariah dan Hukum, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
Kata Kunci: Perlindungan dan Pemberdayaan;, Petani;, Siyasah Syar’iyyah

Abstrak

Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui bagaimana bentuk perlindungan dan pemberdayaan petani dalam kacamata siyasah syar’iyyah. Metode yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dan pendekatan teologis syar’i. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran pemerintah dalam pelaksanaan pemberdayaan petani sebagai regulator, fasilitator, dan katalisator. Secara konkrit, bentuk perlindungan terhadap petani dapat dilakukan dengan membentuk kelompok tani untuk memudahkan penyaluran informasi, penyulusan, dan pelatihan. Sementara bentuk pemberdayaaan dapat dilakukan melalui 5 (lima) langkah-langkah, yaitu pemukiman, penguatan, perlindungan, penyokongan, dan pemeliharaan. Dalam Perspektif Islam, perlindungan dan pemberdayaan petani menjadi tanggungjawab dan kewajiban pemerintah dan harus dilakukan secara adil, amanah dan tidak diskriminatif sebagai prasyarat untuk mewujudkan kesejahteraan.

Referensi

Jurnal

Abdullah, Dudung. “Perspektif Al-Qur’an tentang Posisi Manusia dalam Memakmurkan Alam Raya.” al-Daulah: Jurnal Hukum Pidana dan Ketatanegaraan 5, no. 1 (2016).

Asriana dan Usman Jafar. “Telaah Hukum Tata Negara Islam atas Peraturan Daerah Bernuansa Agama (Syariah).” Siyasatuna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Siyasah Syar’iyyah 2, no. 1 (2021).

Fatimah dan Subehan Khalik. “Hak Konstituonal Fakir Miskin Terhadap Pemerintah di Kota Makassar.” Siyasatuna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Siyasah Syar’iyyah 1, no. 1 (2019).

Fatmawati dan Lomba Sultan. “Telaah Siyasah Syar’iyah atas Sengketa Tanah.” Siyasatuna: 2 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Siyasah Syar’iyyah 1, no. 2 (2020).

Iqbal, Andi Muhammad dan Nila Sastrawati. “Tinjauan Hukum Tatanegara Islam Terhadap Transparansi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah.” Siyasatuna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Siyasah Syar’iyyah 1, no. 1 (2020).

Jafar, Usman. “Negara dan Fungsinya. al-Daulah: Jurnal Hukum Pidana dan Ketatanegaraan 4, no. 1 (2015).

Jafar, Usman. “Kekuasaan dalam Tradisi Pemikiran Politik Islam (Refleksi atas Pemikiran Politik Islam).” al-Daulah: Jurnal Hukum Pidana dan Ketatanegaraam 6, no. 2 (2017).

Megawati dan Rahmiati. “Efektivitas Pelayanan Terpadu dalam Perizinan Mendirikan Bangunan guna Mewujudkan Kualitas Pelayanan Publik di Kabupaten Sinjai.” Siyasatuna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Siyasah Syar’iyyah 1, no. 1 (2019).

Salim, Munir. “Akses Terhadap Keadilan dan Pemberdayaan Hukum sebagai Pendekatan untuk Pengembangan Hukum bagi Orang Miskin dan yang Terpinggirkan.” al-Daulah: Jurnal Hukum Pidana dan Ketatanegaraan 7, no. 1 (2018).

Sastriawati, Anggun dan Alimuddin. “Asas Kepentingan Umum dalam Pembangunan Desa Campalo Kecamatan Tommo Kabupaten Mamuju.” Siyasatuna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Siyasah Syar’iyyah 1, no. 3 (2020).

Sulaiman, Umar. “Pola Kerjasama dan Tidaksehjateraan Komunitas Petani Rumput Laut di Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba, al-Daulah: Jurnal Hukum Pidana dan Ketatanegaraan 4, no. 1 (2016).

Syam, Rusnidin dan Usman Jafar. “Peran Pemerintah Kabupaten Gowa dalam Pelestraian Lingkungan Perspektif Siyasah Syar’iyah.” Siyasatuna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Siyasah Syar’iyyah 2, no. 5 (2020).

Buku

Arfan, Abbas. 99 Kaidah Fiqh Muamalah Kulliyah Tipologi dan Penerapannya dalam Ekonomi Islam dan Perbankan Syariah. Malang: UIN-Maliki Press, 2013.

Hanafi, Muchlis M. Pelestarian Lingkungan Hidup Tafsir al-Qur‟an Tematik. Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf al-Qur’an, 2012.

Masadi, Ghufron. Fiqh Muamalah Kontekstual. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2002.

Nugroho, Sigit Sato. Hukum Untuk Petani Perlindungan dan Pemberdayaan Petani dalam Era Globalisasi. Klaten: Lakaeisha, 2020.

Parake, J.T. Penataan Ruang Kawasan Perdesaan Berbasis Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan dalam Rangka Mewujudkan Kedaulatan Pangan di Indonesia. Sidoarjo: Zifatama Jawara, 2020.

Rahman, Fathur. Teori Pemerintahan. Malang: UB Press, 2018.

Rahmiati. Terampil Menulis Karya Ilmiah. Makassar: Alauddin University Press, 2012.

Sunaryanti Hartono. Penelitian Umum di Indonesia Akhir ke-20. Bandung: PT. Alumni, 2006.

Diterbitkan
2022-05-29
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 134 times