Efektivitas Strategi Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) dan Strategi Pembelajaran Konvensional Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MAN Pangkep
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen yang bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Hasil belajar peserta didik yang diajar menggunkana strategi pembelajaran thinking aloud pair problem solving. 2) Hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan strategi pembelajaran konvensional. 3) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang diajar mennggunakan strategi pembelajaran thinking alaoud pair problem solving dan strategi pembelajaran konvensional, 4) mengetahui efektivitas strategi pembelajaran thining aloud pair problem solving terhadap hasil belajar. Hasil penelitian deskripsi menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar fisika peserta didik yang sebelum diajar menggunakan strategi pembelajaran thinking aloud pair problem solving sebesar 39,32 dan setelah diajar sebesar 80,14. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar fisika peserta didik sebelum diajar menggunakan strategi pembelajaran Konvensional sebesar 25,42 dan setelah diajar sebesar 65,46. Selanjutnya berdasarkan analisis hipotesis untuk hasil belajar peserta didik menunjukkan thitung yang diperoleh sebesar 1,73 dan ttabel 1,68 sehingga thitung > ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran thinking aloud pair problem solving dapat meningkatakan hasil belajar peserta didik kelas X MAN Pangkep.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Anita, Sri. (2017). Strategi Pembelajaran di SD. Banten: Universitas Terbuka.
Irmawati, A., & Ashar, H. (2016). Penerapan Strategi Pembelajaran Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kit Eksperimen Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 67-70.
Johnson, S.D dan Chung, S.P. (2015). “The Effect Of Thinking Aloud Pai Problem Solving On The Troubleshooting Ability Of Aviation Technician Student”,Journal Of Industrial Teacher Education 37 No. 1.
Permatasari, A. K., Istiyono, E., & Kuswanto, H. (2019). Developing Assessment Instrument To Measure Physics Problem Solving Skills For Mirror Topic. International Journal of Educational Research Review, 4(3), 358-366.
Rahmat, Maulidi dkk. (2014). Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Strategi Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving Siswa Kelas X SMA”.Jurnal Fisika Indonesia18 No.54 h.108-112.
Rusman.(2016).Model-Model Pembelajaran. Jakarta:Rajawali Press.
Sanjaya, Wina. (2006).Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika for publication, copyright publishing of the article shall be assigned/transferred to Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar as Publisher of the journal. Upon acceptance of an article, authors will be asked to complete a 'Copyright Transfer Agreement'. An e-mail will be sent to the corresponding author confirming receipt of the manuscript together with a 'Copyright Transfer Agreement' form by the online version of this agreement.
Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika and Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar, , and Physics Society of Indonesia as the Editors and the Advisory International Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The copyright form should be signed electronically and send to the Editorial Office in the form of the original e-mail: [email protected]