KORELASI ANTARA KEMAMPUAN BAHASA ARAB DENGAN PEMAHAMAN AYAT-AYAT AL-QUR’AN TERHADAP SISWA KELAS XII MADRSAHALIYAH AL-AMANAH KOTA BAUBAU
Abstract
Penelitian ini membahas tentang tingkat kemampuan bahasa Arab dan tingkat pemahaman ayat-ayat al-Qur’an serta korelasi antara keduanya terhadap siswa kelas XII Madrasah Aliyah (MA) Al-Amanah Baubau. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach) bersifat kuantitatif dalam bentuk ex-post facto atau kasual komparatif karena penelitian ini berusaha mencari informasi tentang hubungan sebab akibat dari suatu peristiwa. Data dikumpulkan melalui tes (soal) dari hasil jawaban Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN). Hasil penelitian dan pembahasan: (1) Setiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam menjawab tes soal bahasa Arab dan al-Qur’an pada Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional. Tingkat pemahaman siswa kelas XII MA Al-Amanah Baubau dapat menerima/menyerap pelajaran al-Qur’an dengan sangat positif dan signifikan; (2) Korelasi antara tingkat kemampuan bahasa Arab dengan tingkat pemahaman ayat-ayat al-Qur’an dipengaruhi oleh kemampuan bahasa Arab siswa kelas XII MA Al-Amanah Baubau. Penelitian ini dapat memberi sumbangsih pemikiran dan pengetahuan bagi siswa dan guru agar lebih giat menguasai dan memahami pembelajaran bahasa Arab dan al-Qur’an, menjadi referensi atau rujukan yang relevan bagi kaum akademisi, lembaga pendidikan atau institusi penelitian lainnya dalam melakukan kajian dan penelitian yang terkait dengan tingkat kemampuan bahasa Arab dan tingkat pemahaman ayat-ayat al-Qur’an di MA Al-Amanah Baubau.
References
Abu Bakar, Muhammad. Ilmu Nahwu Teori Mudah Untuk Mempelajari Bahasa Arab, Surabaya: Karya Abditama, 1996.
Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. Psikologi Belajar (Jakarta: Rineka Cipta, 2004.
al-Khūlī, Muhammad Alî. Asalīb Tadrīs al-Lughah al-‘Arabīyah, Beirut: Dar al-Fikr, tt.
al-Misri, Muhammad bin Mukram bin Manzur al-Afriqi. Lisan al-‘Arab, Cet. I; Beirut: Dar Sadir, t.th.
al-Qattan, Syeikh Manna’. Mabahis fi ‘Ulum al-Qur’an, Cet. XIII; Kairo: Maktabah Wahbah, 2004.
Arikunto, Suharsimi. Dasar‐dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2009.
Arsyad, Azhar. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya: Beberapa Pokok Pikiran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.
Baidan, Nasharuddin. Metode Penafsiran al-Qur’an, Cet. I; Yogyakarta: Pustaka Siswa Offset, 2002.
Bungin, H.M. Burhan. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi dan Kebijakan Publik serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya, Edisi ke-2, Cet. VIII; Jakarta: Kencana, 2014.
Darajat, Zakiyah. Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah, Jakarta: YPI Ruhama, 1996.
Davies, Ivor K. dan Sudarsono Sudirdjo. Pengelolaan Belajar, Jakarta: CV. Rajawali Press, 1991.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zaini. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1996.
Hermawan, Acep. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Cet. IV; Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.
Hoetomo. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya: Mitra Pelajar, 2005.
Kahmad Dadang. Sosiologi Agama, Bandung: Rosda Karya, 2000.
Kementerian Agama RI. Mushaf al-Qur’an dan Terjemah, Jakarta: Ummul Qura, 2017.
Majid Abdul. Belajar dan Pendidikan Agama Islam, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014.
Poerwadarminto, W.J.S. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1998.
Poerwardaminto, W.J.S. Kamus Umum Bahasa Indonesia, Pusat Bahasa, Depertemen Pendidikan Nasional, Edisi III, Cet.4; Jakarta: Balai Pustaka, 2011.
Riduwan dan Sunarto. Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi Komunikasi dan Bisnis, Bandung: Alfabeta, 2007.
Silverius, Suke. Evaluasi Hasil Belajar dan Umpan Balik, Jakarta: Grasindo, 1991.
Sudijono, Anas. Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2005.
Sugiono. Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2011.
....... Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2007.
Suryabrata, Samadi. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rajawali, 1986.
Universitas Petra. Pengertian Kemampuan (ability). http://digilib.petra.ac.id (Akses 10 Juli 2018).
Zaidah, Jurji. Tarikhu Adab al-Lughati al-‘Arabiyyah, Jakarta: Dar al-Hilal, t.th.
Zuchdi dan Darmiyati. Strategi Meningkatkan Kemampuan Membaca, Yogyakarta: UNY Press, 2007.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).