IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN QIRĀ’ᾹT SABʻAH DENGAN BACAAN IMAM NAFI’ RIWAYAT QĀLŪN DAN WARSY PADA SANTRI JAM’ĪYATUL QURRA DI PONDOK PESANTREN MODERN (PPM) AL-SYAIKH ABDUL WAHID KOTA BAUBAU
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi metode pembelajaran qirā’āt sab’ah pada santri Jamʻīyatul Qurra di Pondok Pesantren Modern (PPM) Al-Syaikh Abdul Wahid Kota Baubau, untuk mengetahui hasil belajar qirā’āt sab’ah dengan Bacaan Imam Nafi’ riwayat Qālun dan Warsy serta yang menjadi faktor penghambat dan pendukung dalam pembelajaran qirā’āt sab’ah di PPM Al-Syaikh Abdul Wahid Kota Baubau. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interview dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini, dalam mengimplementasikan pembelajaran qirā’āt sab’ah dengan bacaan Imam Nafi’ riwayat Qālūn dan Warsy di PPM Al-Syaikh Abdul Wahid dengan menggunakan metode Jibril yang lebih dominan daripada metode talaqqi> dan muza>karah, hasil belajar yang dicapai di antaranya santri sudah dapat membedakan panjang “ma>d”, baik itu ma>d qas}ar (Panjang 1 alif), ma>d tawassud (Panjang 2 alif), dan beberapa istilah-istilah lain. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat di antaranya keterbatasan tenaga pengajar yang tidak memiliki kompetensi yang cukup, dan faktor pendukung di antaranya keingin-tahuan serta kesungguhan santri yang tinggi dalam mempelajari bacaan qirā’āt sab’ah khususnya bacaan Imam Nafi’ riwayat Qālūn dan Warsy. Hadirnya peneliti yang telah memberikan pembelajaran qirā’āt sab’ah, diharapkan santri mengetahui dan paham akan qirā’āt sab’ah dan juga dapat meningkatkan kualitas belajarnya, serta kajian qirā’āt sab’ah dapat dijadikan sebuah wacana terhadap khazanah keilmuan dan dapat di aplikasikan secara langsung dalam lingkungan PPM Al-Syaikh Abdul Wahid Kota Bau bau maupun lingkungan lainnya.
References
Al-‘Azhim, Muhammad Abd. Manāhil Al-‘Irfān, Jilid I. Beirut: Dār Al-Fikr. t.th.
Al-Banna, Ahmad bin Muhammad. Ithaf Faḍalā al-Basyar bi-Qirā’āt Arba’ah Asyar, Juz I. Kairo: Maktabah al-Kullῑyāt al-Azharῑyah. 1987.
Al-Bani, M. Nashiruddin. Shahih Imam Bukhari. Terjemahan Abd. Hayyie Al-Katani dan A. Ikhwani. Jakarta: Gema Insani. 2008.
Al-Bukhari, Muhammad bin Ismail Abu Abdullah. Ṣaḥiḥ al-Bukhārῑ, Edisi Revisi. Cet. I; Beirut: Dar Ibnu Kaṡir. 2002.
Al-Qādhiy, Abdul Fattaḥ. al-Budūruz Zāhirah fil Qirā’ātil ‘Asyr al-Mutawātirah min Tharῑqaisy Syathibiyyah wad Durrah. Cet. I; Beirut: Dar al-Kitab al-‘Arabiy. 1981.
Al-Qasthalani, Syihabuddin. Lathaif al-Isyarat li Funun al-Qira’at, Juz 1. Kairo: Lajnah Ihya al-Turas. 1972.
Al-Qattan, Manna’. Mabāhiṡ fῑ ‘Ulūm Al-Qur’an. Kairo: Maktabah Wahabah. t.th.
-------. Pengantar Studi Ilmu Al-Qur’an. Terjemahan Aunur Rafiq El-Mazni. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar. 2006.
Anwar, Rosihon. Ulumul Qu r’an. Bandung: Pustaka Setia. 2006.
Al-Shabuni, Muhammad ‘Ali. Al-Tibyan fi ‘Ulum Al-Qur’an. Damaskus: Maktabah Al-Gazali. 1390.
As-Suyuti, Imam. Apa itu Al-Qur’an. Terjemahan Aunur Rafiq. Jakarta: Gema Insani Press. 1989.
Az-Zarkasyi, Badr Ad-Din Muhammad bin ‘Abdillah. Al-Burhan fi ‘Ulum Al-Qur’an, Jilid I. Kairo: Dar At-Turaṡ. t.th.
Fathoni, Ahmad. Kaidah Qirāāt Tujuh Menurut Ťariq Syātibiyyah, jilid I. Cet. I; Jakarta: Institut PTIQ dan IIQ Jakarta dan Darul Ulum Press. 2005.
-------. Tuntunan Praktis 100 Maqra’ Qirā’āt Mujawwad. Cet. II; Jakarta: Fakultas Tarbiyah IIQ. 2011.
Fu’ad, Muhammad Abdul Baqi. Mutiara Hadits Shahih Bukhari-Muslim. Cet.III; Surabaya: PT Bina Ilmu, 2007.
Gani, Bustani A.(eds.). Beberapa Aspek Ilmiah Tentang Al-Qur’an. Jakarta: PT. Litera Antar Nusa. 1986.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2004.
Sanjaya, Wina. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensin. Jakarta: Kencana. 2005.
Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif: Pendekatan Kuatitatif, Kuaitatif, dan R&D. Cet. XXV; Bandung: Alvabeta, 2017.
Supiana dan Karman, M. Ulumul Qur’an. Bandung: Pustaka Islamika. 2002.
Syadali, Ahmad dan Ahmad Rofi’i. Ulumul Qur‘an I. Bandung: CV. Pustaka Setia, 1997.
Uno, Hamzah B. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara. 2006.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).