PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 1 KALUKUANG KAB. GOWA
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) Kemampuan berbicara peserta didik sebelum menggunakan media gambar berseri di kelas V SDN 1 Kalukuang Kab. Gowa 2)
Kemampuan berbicara peserta didik setelah menggunakan media gambar berseri di kelas V SDN 1 Kalukuang Kab. Gowa dan 3) Pengaruh penggunaan media gambar berseri
terhadap kemampuan berbicara peserta didik kelas V SDN 1 Kalukuang Kab. Gowa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif jenis pre-eksperimental desain dan
desain penelitian one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN 1 Kalukuang Kab. Gowa yang berjumlah 24 peserta didik.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampel jenuh. Adapun instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes, dan dokumentasi. Teknik analisis
data yang digunakan statistic deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistic deskriptif diperoleh nilai rata-rata peserta didik sebelum
diajar dengan menggunakan media gambar berseri sebesar 69 dan nilai rata-rata peserta didik setelah diajar dengan menggunakan media gambar berseri sebesar 94. Hasil
penelitian dari preetes dan posttest diuji dengan satatistik inferensial, nilaisignifikan< (0,000 < 0,05). Dengan dengan taraf kepercayaan 95% dapat dikatakan bahwa rata-rata
nilai kemampuan berbicara peserta didik tanpa penggunaan media gambar berseri tidak sama dengan nilai rata-rata nilai keemampuan berbicara peserta didik dengan penggunaan
media gambar berseri. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan media gambar berseri terhadap kemampuan berbicara peserta didik setelah penggunaan media gambarberseri. Dengan demikian, dari hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media gambar berseri terhadap kemampuan berbicara
peserta didik kelas V SDN 1 KalukuangKab. Gowa.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.