PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED TECHING TERHADAP HASIL BELAJAR

  • Sri Suhelsi Meliana Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Umar Sulaiman Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • M. Mirza Fatahullah Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan model pembelajaran Guided Teaching terhadap hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti mata
pelajaran IPS di kelas VI MI Guppi Cendana Kabupaten Enrekang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen dengan desain Pre-Test dan Post-Test.
Subjek penelitian adalah siswa kelas VI, dan instrumen yang digunakan meliputi dokumentasi, tes, dan angket. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik
statistik deskriptif dan analisis statistik menggunakan uji Paired Sampel T-Test. Hasil analisis menunjukkan bahwa sebelum menggunakan model pembelajaran Guided Teaching, hasil belajar peserta didik berada dalam kategori rendah dengan nilai rata-rata 63,5. Namun, setelah mengikuti pembelajaran dengan model Guided Teaching, hasil belajar peserta didik meningkat signifikan ke dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata 84,75. Hasil uji hipotesis juga menunjukkan perbedaan yang signifikan antara hasil
belajar sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Guided Teaching.

Published
2024-01-16
Section
Artikel
Abstract viewed = 22 times