PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED TECHING TERHADAP HASIL BELAJAR
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan model pembelajaran Guided Teaching terhadap hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti mata
pelajaran IPS di kelas VI MI Guppi Cendana Kabupaten Enrekang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen dengan desain Pre-Test dan Post-Test.
Subjek penelitian adalah siswa kelas VI, dan instrumen yang digunakan meliputi dokumentasi, tes, dan angket. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik
statistik deskriptif dan analisis statistik menggunakan uji Paired Sampel T-Test. Hasil analisis menunjukkan bahwa sebelum menggunakan model pembelajaran Guided Teaching, hasil belajar peserta didik berada dalam kategori rendah dengan nilai rata-rata 63,5. Namun, setelah mengikuti pembelajaran dengan model Guided Teaching, hasil belajar peserta didik meningkat signifikan ke dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata 84,75. Hasil uji hipotesis juga menunjukkan perbedaan yang signifikan antara hasil
belajar sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Guided Teaching.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.