STRATEGI PENANGANAN PENGANGGURAN DALAM PERSPEKTIF SIYASAH SYAR’IYYAH

(Studi Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Soppeng)

  • Rhismayanti Fakultas Syariah dan Hukum, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Andi Tenripadang
    (ID)
  • Ilham Laman
    (ID)
Kata Kunci: Pemerintah Daerah, Pengangguran, Siyasah Syae'iyyah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui realitas pengangguran di Kabupaten Soppeng serta mengetahui peran Pemerintah Daerah Soppeng dalam menangani Pengangguran di Kabupaten Soppeng. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan melalui pendekatan yuridis empiris dan pendekatan syar’i. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Realitas pengangguran yang terjadi di Kabupaten Soppeng menimbulkan angka pengangguran terus bertambah dikarenakan kondisi ekonomi makro di wilayah khususnya Soppeng tidak menentu sehingga para perusahaan tidak dapat mengembangkan usahanya di Soppeng sehingga proses perekrutan tenaga kerja tidak maksimal. Adapun Peran Dinas Tenaga Kerja dalam menangani pengangguran di Kabupaten Soppeng ialah dengan meningkatkan pemerataan penempatan tenaga kerja dengan membentuk jejaring konektivitas kerja, perluasan kesempatan kerja, dan pelatihan & produktifitas tenaga kerja dalam upaya mengurangi angka pengangguran. Peran Dinas tenaga kerja dan transmigrasi dalam Siyasah Syar’iyyah, dalam hal ini Siyasah Syar’iyyah sesuai dan tidak bertentangan dengan kaidah-kaidah yang ada dalam Siyasah Syar’iyyah. Bahwasanya dinas tenaga kerja disetarakan dengan seorang pemimpin negara dalam konteks Negara Islam. Keduanya memiliki tugas yang sama yaitu untuk mewujudkan kemaslahatan umat.

 

Referensi

Jurnal

Ariansyah dan Usman Jafar. “Kedudukan Menteri AD INTERIM Dalam Sistem Pemerintahan (Telaah Siyasah Syar’iyyah).” Siyasatuna 3, no. 1 (2022).

Budiasri dkk. “Studi Analisis Pemerintahan Yang Baik Dan Bersih Di Desa Garanta Kabupaten Bulukumba Perspektif Siyasah Syar’iyyah.” Siyasatuna 3, no. 1 (2022).

Esse, Indo dan Lomba Sultan. “Sistem Pemerintahan Kerajaan Wajo Di Desa Tosara Abad XV-XVII Perspektif Siyasah Syar’iyyah.” Siyasatuna 2, no. 1 (2021).

Fatahillah, Muh. Aqil dan Andi Tenri Padang. “Analisis Tentang Hukum Ketenagakerjaan Di Indonesia.” Siyasatuna 2, no. 2 (2021).

Hardianti, Sitti dkk. “Efektivitas Peran Pemerintah Kota Makassar Dalam Pelestarian Cagar Budaya (Telaah Siyasah Syar’iyyah).” Siyasatuna 3, no. 1 (2022).

Muis, Abdul Rinaldi dkk. “Analisis Peran Pemerintah Kota Makassar Dalam Penegakan Hukum Perspektif Siyasah Syar’iyyah.” Siyasatuna 2, no. 2 (2021).

Munandar, Haris dan Adriana Mustafa. “Kebijakan Pemerintah Daerah Kebupaten Jeneponto Dalam Meminimalisasi Tindakan A’Massa.” Siyasatuna 2, no. 2 (2021).

Pratiwi, Nurul dkk. “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pemutusan Hubungan Kerja Di Tengah Pandemi Covid-19.” Siyasatuna 2, no. 3 (2021).

Qonitah, Ayu dkk. “Peran Pemerintah Daerah Terhadap Aktivitas Penambangan Di Desa Pakkasalo Kabupaten Bone Perspektif Siyasah Syar’iyyah.” Siyasatuna 2, no. 2 (2021).

Ronaldo, Ryan Rahman dkk. “Sistem Pengupahan Terhadap Buruh Di UD. Bumi Rahayu Perspektif Siyasah Syar’iyyah.” Siyasatuna 3, no. 1 (2022).

S., Indayani dan Hartono, B. “Analisis Pengangguran Dan Pertumbuhan Ekonomi Sebagai Akibat Pandemi Covid-19.” Perspektif: Jurnal Ekonomi & Manajemen Universitas Bina Sarana Informatika 18, no. 2 (2020).

Salam, Alda Amadiarti dkk. “Studi Kritis Terhadap Pengelolaan Keuangan Negara Dalam Perspektif Siyasah Syar’iyyah.” Siyasatuna 2, no. 2 (2021).

Syatar, Abdul dkk. “Formalisasi Hukum Islam Dalam Bentuk Peraturan Daerah: Analisis Yuridis Peraturan Daerah Syariah Di Bulukumba.” Bilancia 15, no. 1 (2021).

Umar, Kusnadi dan Patawari. “Menyoal Netralitas RT/RW Pada Pilkada Kota Makassar Tahun 2020.” Petitum 9, no. 1 (2020).

Buku

Badan Pusat Statistik Kabupaten Soppeng. Kabupaten Soppeng dalam Angka 2017-2021. Soppeng: BPS, 2021.

Jafar, Usman. Fiqh Siyasah Telaah Atas Ajaran Sejarah Dan Pemikiran Ketatanegaraan Islam. Makassar: Alauddin University Press, 2013.

Kementerian Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: Syaamil Qur’an, 2012.

Khakim, Abdul. Pengantar hukum ketenagakerjaan indonesia berdasarkan UU No. 13 Tahun 2003. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti, 2014.

S, Sukirno. Makroekonomi : Teori Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2013.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Soppeng. Kabupaten Soppeng dalam Angka 2017-2021. Soppeng: BPS, 2021.

Wawancara

Kanaruddin, Kabid Tenaga Kerja, wawancara, Kabupaten Soppeng, 13 Juli 2022.

Marhawiah, kasi penempatan tenaga kerja dan perluasan kesempatan kerja, wawancara, kabupaten soppeng, 14 Juli 2022.

Sunarti, kasi pelatihan dan produktifitas tenaga kerja, wawancara, kabupaten soppeng, 14 Juli 2022.

Warni, Melly, Masyarakat, wawancara, Batu-Batu Kel. Manorang Salo Kec. Marioriawa Kab. Soppeng, 16 Juli 2022.

Diterbitkan
2024-05-31
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 19 times

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

<< < 1 2