Pemikiran Abu Ishaq Al-Syatibi Dalam Kitab Al-Muwafaqat

  • Mawardi Djalaluddin
    (ID)

Abstract

Berpikir adalah seni yang berkait rapat dengan ijtihad, yaitu pengerahan kesungguhan dengan usaha maksimal dalam menggali dan menemukan hukum-hukum syara’. Bagi al-Syatibi untuk menjadi mujtahid seorang faqih harus menguasai bahasa Arab dan mampu memahami maksud syariat (maqasid al-syaria) serta sanggup mengistinbathkan hukum berdasarkan pemahamannya sendiri terhadap maqasid al-syariah. Maqasid al-syariah merupakan pokok dalam pemikiran hukum al-Syatibi yang di dalamnya terdapat konsep mashlahat sebagai tujuan Tuhan selaku Pembuat syariat (qashd al- syari). Aplikasi mashlahat terfokus kepada tujuan untuk mewujudkan kemaslahatan  atau  menolak bahaya kemudaratan  terhadap agama, jiwa, akal, keturunan dan harta di dunia dan di akhirat. Pemikiran- pemikiran ijtihad al-Syatibi ini dapat dijumpai dalam kitab al- Muwafaqat fi Ushul al-Syari’ah, sebagai sebuah karya monumental yang di dalamnya memuat berbagai pemikiran hukum al-Syatibi terutama tentang konsep mashlahat untuk menerangkan makna tujuan syariat (maqasid al-Syari’at) dengan memakai penalaran logis dan filosofis.

References

Ash. Shiddiqy, Hasbi, Pengantar Hukum Islam, Cet. IV; Jakarta: Bulan Bintang, 1968.

Al-Syathibi, Abu Ishaq, Al-Muwafaqat fi Ushul Al-Syari’at, Beirut-Lebanon: Dar Al-Ma’arifat, t.t.

Al-Zuhaili, Wahbah, Al-Fiqh Al-Islami Wa Adillatuhu, Damaskus: Dar Al-Fikr, 1978. Haq, Hamka, Filsafat Hukum Islam, Makassar: t.tp, 1992.

, Filsafat Ushul Fiqh, Makassar: Yayasan Al-Ahkam, 2003. Hitty, Philips K, History of The Arabic, London: The Macmillan Press, 1975.

Iqbal, Muhammad, The Recontruction of Religious Thought in Islam, New Delhi: Kitab Bayan, 1981.

Ma’luf, Louis, Al-Manjid Fi Al-Lughah, Beirut: Dar Al-Masyriq, 1977.

Norhaidi, Prinsip-Prinsip dan Teori-Teori Hukum Islam, Ushul Fiqh, Cet. I; Jakarta: Pustaka Pelajar Offset, 1991.

Rahman, Fazlul, Islam, New York: Anchor Bables, 1968.

Syatori, Achmad, Ijtihad Dalam Sorotan, Cet. I; Jakarta: Bulan Bintang, 1987.

Yayasan Penyelenggara Penterjemah/Penafsir Al-Qur’an, Al-Qur’an dan Terjemahannya, Madinah Munawwarah: Miyammu Al-Malik Fil Thiba’at Al- Mushaf Asy-Syarif, 1418 H.

Published
2015-12-17
How to Cite
Djalaluddin, M. (2015). Pemikiran Abu Ishaq Al-Syatibi Dalam Kitab Al-Muwafaqat. Al Daulah : Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan, 4(2), 289-300. https://doi.org/10.24252/ad.v4i2.1483
Abstract viewed = 16604 times