Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Film Animasi Dr. Stone Terhadap Hasil Belajar Materi Induksi Elektromagnetik Pada Siswa Kelas XII SMAN 1 Jeneponto

  • Andi Halimah
    (ID)
  • Imam Permana UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Rachmat Ashar
    (ID)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas SMAN 1 Jeneponto pada materi induksi elektromagnetik tidak menggunakan media pembelajaran film animasi Dr. Stone, untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas XII SMAN 1 Jeneponto materi induksi elektromagnetik yang menggunakan media pembelajaran film animasi Dr. Stone, untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas XII SMAN 1 Jeneponto pada materi induksi elektromagnetik tidak menggunakan dan menggunakan media animasi Dr. Stone, dan Untuk mengetahui media pembelajaran berbasis film animasi Dr. Stone efektif terhadap hasil belajar siswa kelas XII SMAN 1 Jeneponto pada materi induksi elektromagnetik.

Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu Nonequivalent control grup design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA SMAN 1 Jeneponto. Pengambilan sampel Penelitian menggunakan Simple Random Sampling. Sampel penelitian yang digunakan 25 orang di kelas eksperimen dan 25 orang di kelas kontrol.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) hasil belajar siswa kelas SMAN 1 Jeneponto pada materi induksi elektromagnetik tidak menggunakan media pembelajaran film animasi Dr. Stone sebagian besar berada pada kategori hasil belajar baik dengan nilai rata-rata 59,4. 2) hasil belajar siswa kelas XII SMAN 1 Jeneponto materi induksi elektromagnetik yang menggunakan media pembelajaran film animasi Dr. Stone sebagian besar berada pada kategori hasil belajar baik dengan nilai rata-rata 79,8. 3) Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang tidak diajar menggunakan film animasi Dr.Stone dan yang diajar menggunakan film animasi Dr.Stone. 4) Media pembelajaran berbasis film animasi Dr. Stone efektif terhadap hasil belajar siswa dilihat dari nilai rata-rata N-Gain skor pada kelas eksperimen sebesar 0,72 yang termasuk dengan kategori tinggi, sedangkan nilai rata-rata N-Gain skor pada kelas kontrol sebesar 0,46 yang termasuk dengan kategori sedang.

Implikasi pada penelitian ini yaitu: 1) hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran fisika menggunakan media pembelajaran berbasis film animasi Dr.Stone efektif pada hasil belajar siswa sehingga dapat diterapkan untuk kegiatan mengajar selanjutnya. 2) Bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan perbandingan, rujukan serta tantangan, khususnya yang ingin melakukan penelitian serupa agar siswa lebih tertarik mengikuti proses pembelajaran.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2022-12-04
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 301 times

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

> >>