Efektivitas Metode Pembelajaran Mnemonik Terhadap Kemampuan Mengahafal Rumus-Rumus Fisika
Abstrak
Kemampuan menghafal memiliki peran yang penting dalam proses pendidikan , sebab kemampuan menghafal rumus siswa dapat mengingat apa yang sudah dipelajari dalam pelajaran fisika yang banyak rumusnya dalam menghafal daya ingat sangat dibutuhkan, daya ingat rendah mengganggu siswa dalam belajar, terutama pada mata pelajaran fisika yang menuntut siswa untuk menguasai rumus mata pelajaran fisika yang banyak rumus-rumusnya.
Model penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan satu kelas dengan dua kali uji coba, dipertemuan pertama dengan menggunakan metode ceramah kemudian dites, kemudian selanjutnya menggunakan metode mnemonik kemudian dites, jumlah sampel 27 siswa. variabel x pada penelitian ini metode mnemonik dan variabel y adalah kemampuan menghafal rumus – rumus fisika. Desain penelitian ini menggunakan Equivalent Time – Samples Design dimana kemampuan menghafal rumus fisika dilihat dari tes awal dan tes kedua yang menggunakan metode yang berbeda yaitu metode ceramah dan Mnemonik.
Terdapat 10 nomor soal yang dijadikan soal tes awal pada metode ceramah dan 10 soal metode Mnemonik dan semua soal telah valid. Nilai Reabilitas yang diperoleh 0,95, hal itu menunjukan nilai reabilitas yang tinggi. Rata – nilai yang menggunakan metode ceramah yaitu 46,67 standar defiasi 16, 17 dan pada metode Mnemonik 90,74 standar defiasi 8,28.
Berdasarkan pengujian hipotesis statistic non parametrik, diperoleh pada metode ceramah dan metode Mnemonik yaitu 6,2. Hasil ini menunjukkan kemampuan menghafal rumus fisika siswa setelah diajar dengan metode Mnemonik lebih baik dari metode ceramah
##plugins.generic.usageStats.downloads##
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika for publication, copyright publishing of the article shall be assigned/transferred to Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar as Publisher of the journal. Upon acceptance of an article, authors will be asked to complete a 'Copyright Transfer Agreement'. An e-mail will be sent to the corresponding author confirming receipt of the manuscript together with a 'Copyright Transfer Agreement' form by the online version of this agreement.
Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika and Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar, , and Physics Society of Indonesia as the Editors and the Advisory International Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The copyright form should be signed electronically and send to the Editorial Office in the form of the original e-mail: [email protected]