Efektivitas Metode Pembelajaran Mnemonik Terhadap Kemampuan Mengahafal Rumus-Rumus Fisika

  • Andi Jusriana
  • Santih Anggereni
    (ID)
  • Arham Jurdah Budiman UIN ALAUDDIN MAKASSAR
    (ID)

Abstrak

Kemampuan menghafal memiliki peran yang penting dalam proses pendidikan , sebab kemampuan menghafal rumus siswa dapat mengingat apa yang sudah dipelajari dalam pelajaran fisika yang banyak rumusnya dalam  menghafal daya ingat sangat dibutuhkan,   daya ingat rendah mengganggu siswa dalam belajar, terutama pada mata pelajaran fisika yang menuntut siswa untuk menguasai rumus mata pelajaran fisika yang banyak rumus-rumusnya.

Model  penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan satu kelas dengan dua kali uji coba, dipertemuan pertama dengan menggunakan metode ceramah kemudian dites, kemudian selanjutnya menggunakan metode mnemonik kemudian dites, jumlah sampel 27 siswa. variabel x pada penelitian ini metode mnemonik dan variabel y adalah kemampuan menghafal rumus – rumus fisika. Desain penelitian ini menggunakan Equivalent Time – Samples Design dimana kemampuan menghafal rumus fisika dilihat dari tes awal dan tes kedua yang menggunakan metode yang berbeda yaitu metode ceramah dan Mnemonik.

Terdapat 10 nomor soal yang dijadikan soal tes awal pada metode ceramah dan 10 soal metode Mnemonik  dan semua soal telah valid. Nilai Reabilitas yang diperoleh 0,95, hal itu menunjukan nilai reabilitas yang tinggi. Rata – nilai yang menggunakan metode ceramah yaitu 46,67 standar defiasi 16, 17 dan pada metode Mnemonik 90,74 standar defiasi 8,28.

Berdasarkan pengujian  hipotesis  statistic non parametrik, diperoleh pada metode ceramah dan metode Mnemonik yaitu 6,2. Hasil ini menunjukkan   kemampuan menghafal rumus fisika siswa setelah diajar dengan metode Mnemonik lebih baik dari metode ceramah

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2022-12-04
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 349 times

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

> >>