ANALISIS KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS 1 DI MI AL-IKRAM BULU KASA KABUPATEN BONE

Main Article Content

Nurlina Nurlina
Umar Sulaiman
Fajri Basam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis kesulitan yang dihadapi peserta didik dalam membaca permulaan di kelas 1 MI Al-Ikram Bulu Kasa Kabupaten Bone, 2)
Menganalisis faktor apa saja yang menghambat peserta didik dalam membaca permulaan di kelas 1 MI Al-Ikram Bulu Kasa Kabupaten Bone. Metode pengumpulan data
dilakukan melalui observasi dan wawancara . Teknik pedoman dan analisis data yang digunakan melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan
dan verifikasi. Hasil penelitian yang diperoleh Peserta didik kelas 1 MI Al-Ikram Bulu Kasa Kabupaten Bone dengan jumlah 15 peserta didik, terdapat 10 peserta didik yang
masih mengalami kesulitan dalam pembelajaran membaca permulaan. Adapun karakteristik kesulitannya yaitu kesulitan mengenal huruf, kesulitan merangkai susunan
kata, kesulitan dalam mengidentifikasi kata, menghiraukan tanda baca, tidak lancar dalam membaca, tidak memahami isi bacaan. Kemudian, terdapat beberapa faktor yang
menghambat peserta didik dalam membaca permulaan yaitu faktor internal diantaranya kurangnya minat dan motivasi peserta didik, faktor intelektual, dan faktor fisik. Sedangkan pada faktor eksternal yaitu lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga.

Article Details

How to Cite
Nurlina, N., Sulaiman, U., & Basam, F. (2024). ANALISIS KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS 1 DI MI AL-IKRAM BULU KASA KABUPATEN BONE. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah , 6(1), 30-38. https://doi.org/10.24252/jipmi.v6i1.44865
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>