PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDIT TAKWA CENDEKIA MAKASSAR

Main Article Content

Nur Asyiah Bulqist Rahman
Usman Usman
Muh. Rapi
Fajri Basam

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan, yang menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Mata Pelajaran IPA di Kelas V SDIT Takwa Cendekia Makassar
pada tema "Makanan Sehat", subtema "Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan?". Pengembangan LKPD Mata Pelajaran IPA menggunakan jenis penelitian Design and
Development (D&D) dengan mengacu pada model pengembangan 4D yang dikembangkan oleh S. Thiagarajan & Sammel, yaitu: (1) tahap pendefinisian (define), (2) tahap perancangan (design), (3) tahap pengembangan (develop), dan (4) tahap penyebaran (disseminate) yang dilakukan di kelas V SDIT Takwa Cendekia Makassar. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi ahli, tes hasil belajar dan angket respon guru. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data kevalidan, analisis data keefektifan dan analisis data kepraktisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SDIT Takwa Cendekia Makassar memenuhi kriteria valid dengan nilai rata-rata 3,0. Sedangkan untuk kepraktisan LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis. Sedangkan untuk kepraktisan LKPD yang diperoleh dari angket respon guru terhadap LKPD dengan nilai rata-rata 3,05 dianggap praktis. Untuk uji keefektifan LKPD diperoleh nilai rata-rata ketuntasan hasil belajar sebesar 89,42% berada pada kategori sangat tinggi dan tuntas secara klasikal, sehinggan produk LKPD yang dikembangkan efektif terhadap hasil belajar IPA.

Article Details

How to Cite
Rahman, N. A. B., Usman, U., Rapi, M., & Basam, F. (2023). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDIT TAKWA CENDEKIA MAKASSAR. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah , 5(1), 10-16. https://doi.org/10.24252/jipmi.v5i1.35759
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>